Cara Restore Komputer

Ketika computer mengalami sebuah permasalahan, salah satu solusi pintas yang bisa diambil adalah dengan memanfaatkan fitur Restore yang disediakan oleh OS Windows. Penggunaan Restore akan menjadikan computer kembali ke mode awal seperti sebelum terjadi trouble.

Fitur Restore dapat anda gunakan jika trouble yang terjadi pada computer hanya sebuah permasalahan konfigurasi. Restore sama halnya dengan reset. Kalau di handphone terdapat fitur riset ke settingan awal, maka di Windows ada Restore.

Cara Restore komputer

Restore berbeda dengan reinstall (install ulang), jadi jika anda menggunakan fasilitas Restore untuk tujuan membersihkan virus di computer, maka ini tidak bisa dilakukan, karena Restore hanya berfungsi untuk mengembalikan setelan konfigurasi, bukan untuk instalasi system operasi.

Berikut Cara Untuk Me-restore Computer
  • Klik Start, arahkan ke All Programs > Accessories > System Tools > System Restore

  • Pada jendela ini anda akna dihadapkan oleh dua pilihan ; Restore my computer to an earlier time, dan Creat a restore point

  • Pilih Restore my computer to an earlier

  • Pada jendela Select a restore point terdapat pilihan dalam format kalender, silahkan pilih tanggal/waktunya (angka yang tercetak tebal pada kolom kalender menandakan adanya sebuah aktifitas konfigurasi pada computer anda pada tanggal tersebut, misalnya instalasi program), kemudian klik Next

  • Pada jendela berikutnya klik Next lagi, kemudian computer akan restart untuk memulai proses Restore.
Seperti yang dijelaskan diatas, Restore hanya berfungsi untuk mengembalikan setelan/konfigurasi. Komputer yang terlanjur dijangkiti virus tidak bisa ditangani dengan cara Restore. 


Artikel Terkait: