Trik Menghapus Virus Shortcut Tanpa Antivirus

Rentetan permasalah pada PC kebanyakan adalah dipicu oleh racun virus. Virus menyebar dan mengotak-atik system sedemikian cepat sehingga computer tidak membutuhkan waktu lama untuk breakdown. Ekstensi virus sangat variatif dan memiliki tingkat destroying (pengerusakan) yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas tentang “bagaimana membasmi virus shortcut tanpa antivirus?”.

Membersihkan Virus Shortcut

Apa pun yang anda kerjakan pasti menjadi kurang atau bahkan sangat tidak nyaman ketika komputer yang anda gunakan sedang dijangkiti virus. Komputer menjadi lambat, sebagian aplikasi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, restart sendiri dan gangguan-gangguan lainnya. Virus komputer memiliki banyak variant, begitu juga dengan cara kerjanya dalam merusak system operasi. Jika komputer anda terjangkiti virus shortcut, berikut cara membersihkannya secara manual.

  • Turn off proses system restore

  • Turn off proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.

  • Setelah proses Wscript dimatikan, delete atau rename file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut.

    Catatan : Jika me-rename dari file Wscript.exe tersebut , dengan otomatis akan mengcopy lagi di folder tersebut. jadi, perlu diketahui lokasi file Wscript.exe yang lain, biasanya di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

    Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi .mdb (file Microsoft Access). Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS.
  • Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

  • Selanjutnya , delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

    Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.
    Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama.

  • Untuk men-delete file-file selain 4 file tsb, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada ‘More advanced options’ pastikan option ‘Search system folders’ dan ‘Search hidden files and folders’ keduanya telah dicentang.

    Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon ‘folder’, berukuran 1 kb dan bertipe ‘shortcut’. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki ‘size’ dan tipenya adalah ‘File Folder’.

  • Fix registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses perbaikan registry salin script dibawah ini pada program ‘notepad’ kemudian simpan dengan nama ‘Repair.inf’. Jalankan file tersebut dengan cara:
    1. Klik kanan repair.inf
    2. Klik Install
    [Version]
    Signature=”$Chicago$”
    Provider=Vaksincom Oyee
    [DefaultInstall]
    AddReg=UnhookRegKey
    DelReg=del
    [UnhookRegKey]
    HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
    HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
    HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
    HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
    HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1″”
    HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
    HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
    HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
    HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
    [del]
    HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
    HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer
Virus shortcut tergolong sebagai virus dengan tingkat pengerusakan yang relatif rendah. Apabila komputer anda sudah terinfeksi oleh virus dengan tingkat pengerusakan tinggi sebaiknya anda jangan lagi mengandalkan antivirus, karena hal tersebut tidak bisa menjamin akan membuat komputer anda bersih dari infeksi virus. Database antivirus berbeda-beda, sementara virus memiliki banyak variant dan selalu muncul temuan virus baru. Solusi terbaik untuk membersihkan komputer jika sudah terinfeksi secara menyeluruh oleh virus adalah dengan cara melakukan install ulang dan memformat hardisk. Backup dulu data yang anda butuhkan kemudian format hardisk anda. Dengan demikian komputer anda akan kembali bersih seperti masih baru.


Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar