Tips Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan

Mencari pekerjaan memang tidak mudah meskipun anda dibekali ijazah dan kemampuan yang baik. Factor quota lowongan pekerjaan yang relative sempit menjadikan kesempatan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan sesuai bidang keahlian anda menjadi sulit.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar lekas bisa mendapatkan pekerjaan, dan tidak berlama-lama menjadi seorang pengangguran. Aktif mencari informasi lowongan pekerjaan mulai dari media cetak, informasi lowongan kerja di internet, forum lowongan kerja di internet, bertanya ke teman-teman anda, dan seterusnya.

Mengingat sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan, maka anda harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang anda dapat. Jangan buang percuma setiap peluang yang anda dapat, sekecil apapun peluang tersebut. Jika anda mendapatkan sebuah informasi dibukanya lowongan pekerjaan, jangan menunggu terlalu lama. Kirimkan surat lamaran kerja secepatnya ke perusahaan tersebut.

Berikut beberapa contoh surat lamaran perkerjaan yang mungkin sedang anda butuhkan:

Surat lamaran kerja akuntansi / administrasi keuangan
Surat lamaran kerja marketing / bagian pemasaran

Segera kirimkan surat pengajuan/lamaran manakala anda mendapati PT atau perusahaan tertentu sedang membuka lowongan. Buatlah surat lamaran anda semenarik mungkin, lengkap serta profesional agar anda diberikan kesempatan untuk melakukan sesi wawancara/interview sehingga dari sini anda berkesempatan untuk memberikan penjelasan tentang klasifikasi anda lebih lanjut. Jika anda dipandang sebagai sosok yang qualified anda pasti akan diterima bekerja diperusahaan tersebut.

Tips untuk mendapatkan pekerjaan

  • Rajin cari informasi lowongan dari berbagai sumber

  • Jangan menyerah (terus berusaha)

  • Jangan hanya bergantung pada salah satu sumber informasi

  • Kontak sahabat anda yang mungkin memiliki sebuah informasi penting (info lowongan kerja)

  • Terakhir, sabar dan terus berusaha mencari sampai berhasil. 


Artikel Terkait: