Kerangka Naskah Menjadi Pembawa Acara (MC)

Teks kerangka untuk menjadi pembawa acara atau master of ceremony yang disingkat menjadi MC. Meski bertindak sebagai pembawa acara bukanlah sesuatu yang membingungkan, namun bagi yang sebelumnya belum pernah melakukannya kemudian diberi kepercayaan oleh rekan, kerabat, atau pihak sekolahan untuk menjadi MC bisa jadi yang bersangkutan merasa canggung dan kurang mengerti secara pasti apa yang akan dibacakannya dan bagaimana mengumumkan susunan acara pada majlis tersebut.

Untuk menjadi pembawa acara anda tidak perlu bingung. Pekerjaan seorang MC itu sangat sederhana sekali. Anda cukup meminta kepada yang bersangkutan apa saja acara/kegiatan yang akan dilangsungkan.


Bergantung pada majlis atau kegiatan apa anda ditunjuk sebagai MC. Apakah anda akan menjadi pembawa acara disebuah acara pernikahan, kegiatan yayasan pendidikan, atau bentuk kegiatan yang lainnya. Berikut contoh susunan agenda yang akan anda bacakan bertindak sebagai seorang pembawa acara. Dalam hal ini kegiatan yang akan dilangsungkan adalah perpisahan sekolah.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya kepada kita semua sehingga pada momen yang berbahagia ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama berkaitan dengan acara perpisahan sekolah ……………………………

Sholawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W yang telah memberikan kepada kita semua bimbingan menuju jalan yang diridhoi.

Yang saya hormati,

Yth. Kepala sekolah …………………….

Yth. Bapak/Ibu wali kelas ………………..

Yth. Segenap jajaran dewan guru, Bapak-bapak, Ibu-ibu para undangan yang kamu muliakan.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya berdiri dihadapan Bapak/Ibu sekalian selaku pembawa acara, pada kesempatan yang penuh damai ini saya akan membacakan beberapa agenda pada malam hari ini. Adapun susunan acara pada malam hari ini adalah sebagai berikut

- Pembukaan
- Pembacaaan Ayat suci Al-Qur’an
- Sambutan-sambutan
- Prosesi pelepasan
- Pentas seni
- Penutupan

Hadirin sekalian yang saya muliakan, demi menghemat waktu dan memohon do’a agar acara pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar marilah kita buka acara ini dengan bacaan Basmallah bersama.

Selanjutnya anda tinggal membacakan satu per satu acara sesuai dengan susuanan yang ada sampai penutupan.

Artikel contoh surat yang mungkin sedang anda perlukan; contoh surat permohonan beasiswa, contoh surat mutasi dan contoh surat pembatalan

This entry was posted in .

Artikel Terkait: