Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi

Contoh tata cara penulisan kata pengantar untuk makalah dan skripsi. Dalam menyusun makalah, anda diharuskan untuk membuat kata pengantar yang akan menjadi halaman pertama makalah/skripsi anda. Kata pengantar dalam makalah harus dibuat karena hal tersebut bersifat wajib sebagai standarisasi penyusunan suatu makalah.

Kata pengantar makalah tidak harus panjang, yang terpenting yaitu paragraf/kalimat yang anda tulis bisa mencirikan bahwa ia merupakan sebuah kata pengantar. Apa saja yang perlu dimuat dalam kata pengantar makalah dan bagaimana format penerapan susunan katanya, berikut contohnya.


Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirabbilalamin, segala puji bagi Allah SWT dzat yang maha mulia dan pemurah. Sebegitu banyak nikmat dan rohmatyang Allah berikan kepada hamba-Nya, semoga kita senantiasa dijadikan sebagai hamba-Nya yang patuh terhadap perintah-perintah-Nya dan selalu berusaha untuk menjauhi semua larangan-Nya.

Sholawat serta salam mudah-mudahan senantiasa terlimpahkan kepada junjungan umat manusia Nabi besar Muhammad SAW. Atas perjuangan dan kemuliaan beliau kita semua dapat terbimbing dan berada pada jalan yang penuh ridho dan berkah. 

Segala pujai dan puji hanya milik Allah SWT, Tuhan penyeru segenap alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terhingga besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”JUDUL MAKALAH ANDA”. Dalam penyusunan makalah (JUDUL MAKALAH ANDA), penulis mndapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.

Penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua, keluarga, sahabat-sahabat penulis (SEBUTKAN NAMANYA) yang telah memberikan dukungan, motivasi, kasih, serta kepercayaan yang begitu besar sehingga semuanya dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Semoga semua ini bisa memberikan sebuah kebahagiaan dan memberikan tuntunan ke langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini tidak memiliki kekurangan dan kesalahan, namun penulis menyadari bahwa hal tersebut sangat sulit direalisasikan. Dengan berbesar harti penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun sehingga makalah ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata, penulis berharap agar makalah ini dapat memberikan manfaat dan hal-hal positif lainnya untuk semua pembaca.

Surakarta, Mei 2013
Penyusun,


Nama penyusun

Artikel Terkait: