Cara Menulis Surat Lamaran Sopir

Seperti halnya proses pengajuan/lamaran kerja lainnya, posisi pekerjaan sebagai sopir juga mengharuskan yang bersangkutan membuat sebuah surat lamaran terlebih dahulu agar pengajuan yang dibuat dapat diproses oleh pihak terkait.

Surat lamaran kerja merupakan sebuah bentuk surat formal dimana tata cara penulisannya harus memenuhi kriteria sebagaimana pedoman dalam pembuatan surat lamaran. Baik itu surat lamaran kerja bank, surat lamaran marketing, surat lamaran bagian akuntansi, dan jenis surat lamaran lainnya termasuk surat lamaran sopir.

Bagaimana cara membuat/menulis surat permohonan kerja sebagai sopir yang bagus? Berikut contohnya.

Contoh Surat Permohonan Kerja Sebagai Sopir

Bandung, 23 Januari 2016

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Indah Makmur
Jalan Kurniasari Nomor 411/22 Bandung
Telepon: _____________ Website: ___________
Up. Ibu Sila Nurlia
Di-Tempat

Perihal: Surat Permohonan Kerja
Lampiran: _________

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Zulham Ali
Jenis kelamin: Laki-laki
Alamat rumah: Jalan Basuki Rahmat Nomor 33 Bandung
Telepon: ________________
Pendidikan terakhir: SMA 03 Bandung (Lulus angkatan 1999)

Sebagaimana informasi yang saya dapat dari Sdr. Aziz Lukman dimana yang bersangkutan merupakan karyawan di PT. Indah Makmur (bagian staff operasional) bahwasannya PT. Indah Makmur sedang membutuhkan seorang sopir baru. Sehubungan dengan informasi yang saya terima tersebut, maka saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk mengisi posisi tersebut.

Sebagai perlengkapan persyaratan administrasi berikut saya lampirkan sejumlah kopian dokumen:

Foto copy ijazah
Foto copy KTP
Foto copy SK kelakuan baik
Foto copy SIM
Pas foto 4x6/3x4
Surat pengalaman kerja

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sesungguhnya dengan harapan dapat ditindak lanjuti sebagaimana mestinya.

Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

t.tangan anda+materai

Zulham Ali
Pemohon

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Artikel sebelumnya kita sudah sempat share cara membuat surat izin cuti bersalin. Posting kali ini masih seputar surat izin cuti, yakni surat izin cuti tidak masuk kerja dikarenakan alasan sakit. Sama seperti surat  izin cuti bersalin, tidak masuk kerja dikarenakan sakit juga membutuhkan surat izin agar anda dianggap sebagai karyawan yang professional dan bertanggung jawab terhadap perusahaan.

Kendati anda benar-benar sedang sakit, anda tetap diwajibkan untuk mengirimkan surat izin tidak masuk kerja ke perusahaan termpat dimana anda sedang berkerja. Selain untuk memberitahukan atasan anda hal tersebut juga sebagai bentuk sikap profesionalisme anda sebagai seorang karyawan.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Jakarta, 10 Mei 2016

Kepada Yth,

Ka. Personlia PT. CITRA CARTA
Jalan Cendana Nomor 44 Jakarta Pusat 11010
Telp. (021) _________ Fax (021) __________
Up. Bapak Sentani Mulyan

Di-Tempat



Dengan hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : DIKA CANDRA
Alamat : Jalan Lesmana Nomor 88 Jakarta Pusat 11010
Telp. : (021) __________
Jabatan : Staff Administrasi

Bersama ini saya bermaksud untuk meminta izin cuti selama 3 (tiga) hari kedepan dikarenakan saya sedang sakit.

Sebagai bukti bahwasannya saya sedang dalam kondisi sakit berikut saya cantumkan bukti hasil cek kesehatan dari dokter : ______________

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Tanda tangan

DIKA CANDRA
Karyawan

Contoh Surat Izin Libur Kerja

Contoh surat izin libur / surat izin cuti. Surat izin cuti dibuat berdasarkan sejumlah alasan penting. Izin cuti hanya dapat dibuat jika keperluan tersebut memang bersifat mendesak. Salah satu bentuk keperluan yang bersifat mendesak seperti keperluan bersalin.

Memasuki masa bersalin, maka anda akan membuat surat izin cuti yang anda tujukan kepada pimpinan/atasan anda dan disertai dengan bukti hasil tes medis dari dokter. Surat izin cuti sebaiknya anda kirimkan lebih awal atau beberapa hari/minggu sebelum masa bersalin tiba. Hal ini dimaksudkan aga pihak perusahaan bisa mencari pengganti anda untuk sementara waktu guna mengisi posisi yang anda tinggalkan.

Contoh Surat Izin Cuti Bersalin


Kepada Yth,

Pimpinan CV. UNDAR JAYA
Jalan Bunga Mawar Nomo 233 Yogyakarta
Up. Bpk Nurman Andika
Di-Tempat


Hal : Surat Izin Cuti


Dengan hormat,

Bersama surat ini saya bermaksud untuk meminta izin cuti mengingat saya sedang memasuki masa-masa bersalin sebagaimana yang telah direkomendasikan dokter..

Sebagaimana hasil pengecekan saya ke dokter bahwasannya saya dianjurkan untuk mulai tidak masuk kerja dikarenakan kondisi kehamilan saya sudah memasuki masa bersalin.

Perlu saya sampaikan bahwa saya mulai tidak masuk kerja pada tanggal 1 Juni mendatang. Saya berharap Bapak bisa memaklumi kondisi saya.

Berikut saya lampirkan bukti hasil tes dari doket: (surat bukti tes dari dokter)

Sehubungan dengan surat permohonan cuti yang saya buat, saya berharap perusahaan dibawah kepemimpinan Bapak lekas mencari pengganti saya untuk sementara waktu sampai saya kembali bisa masuk kerja.

Saya akan kembali aktif masuk kerja setelah satu bulan usai bersalin. Terimakasih atas pengertiannya, dan mohon maaf serta harap dapat dimaklumi.

Demikian surat izin cuti ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan banyak terimakasih.

Yogyakarta, 12 Juni 2013
Hormat saya,


Rida Andiani
Kryawan

Contoh Surat Lamaran Bank

Contoh format penulisan surat lamaran kerja perbankan. Berkarir di bank merupakan pilihan banyak orang. Jaringan bank yang sangat luas dapat memberikan kesempatan yang lebih baik kepada setiap karyawan untuk mengembangkan karir mereka.

Quota lowongan pekerjaan di bank yang paling sering dibuka adalah dibagian pemasaran (marketing). Berawal dari seorang marketer nantinya anda juga berkesempatan untuk menjadi seorang manager. Tentunya harus melalui tahapan demi tahapan. Mulai dari staff biasa, supervisor hingga menjadi seorang manager unit.

Jika anda mampu memperlihatkan prestasi yang bagus anda pasti berkesempatan untuk dipromosikan ke bagian yang lebih strategis oleh atasan anda. Sebagai seorang marketer anda akan diberikan tugas dan target oleh atasan anda. Tugas anda adalah merealisasikan target yang diberikan kepada anda sehingga dengan demikian prestasi kerja bagus anda akan membawa anda ke level yang lebih tinggi, baik itu manager maupun posisi strategis lainnya.

Berikut contoh surat lamaran kerja yang ditujukan untuk instansi perbankan


Kepada Yth,

HRD PT. BANK DANAMON Tbk Cabang Surabaya
Jalan Ngagel No. 111 Surabaya
Telp. 031 111 111 2
Fax : 031 111 111 2


Hal : Surat Lamaran Kerja


Dengan hormat saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ali Nurman
Jenis kelamin : Pria
Alamat : Jalan Lurasari No. 44 Surabaya
Pendidikan : Sarjana Ekonomi (S-1) Universitas Muhammadiyah Malang

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari www.surabayajobfair.com terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di Bank Danamon cabang Surabaya untuk ditempatkan dibagian marketing, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran guna dapat mengisi posisi tersebut.

Berikut saya cantumkan beberapa dokumen untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

Foto copy KTP : 1 Lembar
Foto copy ijazah : 1 Lembar
Foto copy transkip nilai : 1 Lembar
Foto copy daftar riwayat hidup : 1 Lembar
Surat keterangan catatan kepolisian : 1 Lembar
Surat pengalaman kerja : 1 Lembar
Pas foto terbaru ukuran 4x6 : 4 buah foto

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diberikan kesempatan di PT. DANAMON cabang Surabaya yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Surabaya, 11 Maret 2015
Hormat saya,

t/tangan+materai 

Ali Nurman
Pemohon

Silahkan baca contoh surat lamaran kerja lainnya; contoh surat lamaran marketing, contoh surat lamaran akuntansi, dan contoh surat permohonan magang. Demikian artikel contoh surat lamaran kerja perbankan, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Permohonan Magang

Proses pelatihan kerja atau magang wajib diikuti oleh setiap pelajar/mahasiswa setelah kegiatan belajar sudah  memasuki masa-masa akhir. Agar tidak kesulitan mendapatkan tempat untuk magang, maka sudah barang tentu anda harus melakukan persiapan sejak awal. Anda harus membidik perusahaan tertentu untuk anda jadikan tempat magang tiba waktunya nanti.

Untuk mendapatkan tempat magang, anda bisa langsung mengunjungi perusahaan tersebut atau dengan cara yang lebih formal, yakni dengan cara mengirimkan surat permohonan terlebih dahulu ke perusahaan tersebut.

Dibawah ini merupakan contoh surat permohonan magang yang bisa anda gunakan

Kepada Yth,

Pimpinan PT. LINDO AJI
Jalan Latsari Nomor 19 Surabaya
Telp : ____________ Fax : ____________        
Up. Bapak Sunan Ali, SE
DI-Tempat


Hal : Surat Permohonan Magang


Dengan hormat, saya yang berketerangan sebagai berikut:

Nama : Nia Alia
Jenis kelamin : Perempuan
Alamat rumah : Jalan Mawar Indah Nomor 88 Malang
Pendidikan : Semester akhir Universitas Muhammadiyah Malah (fakultas teknik industri)
Pekerjaan : Belum bekerja (mahasiswa)

Salam sejahtera saya haturkan kepada Bapak Sunan Ali selaku pimpinan PT. LINDO AJI, semoga Bapak dalam keadaan sehat dan senantiasa diberikan kemurahan rizki oleh yang maha Esa.

Sehubungan dengan program universitas dimana setiap mahasiswa semester akhir diwajibkan untuk mengikuti proses pelatihan kerja (magang), maka dengan ini saya bermaksud untuk memohon izin magang diperusahaan Bapak.

Adapun proses pelatihan kerja yang telah ditetapkan oleh pihak universitas tempat saya belajar setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan magang mulai dari tanggal 11 April 2019 sampai satu bulan kedepan, dan akan berakhir selambat-lambatnya pada tanggal 15 Mei 2019.

Saya sangat berharap Bapak berkenan untuk memberikan kesempatan kepada saya mengikuti program pelatihan kerja diperusahaan yang Bapak pimpin.

Guna mengetahui kebersediaan Bapak untuk mengizinkan saya magang diperusahaan yang Bapak pimpin, maka pada hari Senin, 12 Maret 2012 mendatang saya akan berkunjung ke kantor PT. LINDO AJI.

Demikian surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Malang, 10 Maret 2019
Hormat saya,


Nia Alia
Pemohon      

Tips Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan

Mencari pekerjaan memang tidak mudah meskipun anda dibekali ijazah dan kemampuan yang baik. Factor quota lowongan pekerjaan yang relative sempit menjadikan kesempatan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan sesuai bidang keahlian anda menjadi sulit.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar lekas bisa mendapatkan pekerjaan, dan tidak berlama-lama menjadi seorang pengangguran. Aktif mencari informasi lowongan pekerjaan mulai dari media cetak, informasi lowongan kerja di internet, forum lowongan kerja di internet, bertanya ke teman-teman anda, dan seterusnya.

Mengingat sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan, maka anda harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang anda dapat. Jangan buang percuma setiap peluang yang anda dapat, sekecil apapun peluang tersebut. Jika anda mendapatkan sebuah informasi dibukanya lowongan pekerjaan, jangan menunggu terlalu lama. Kirimkan surat lamaran kerja secepatnya ke perusahaan tersebut.

Berikut beberapa contoh surat lamaran perkerjaan yang mungkin sedang anda butuhkan:

Surat lamaran kerja akuntansi / administrasi keuangan
Surat lamaran kerja marketing / bagian pemasaran

Segera kirimkan surat pengajuan/lamaran manakala anda mendapati PT atau perusahaan tertentu sedang membuka lowongan. Buatlah surat lamaran anda semenarik mungkin, lengkap serta profesional agar anda diberikan kesempatan untuk melakukan sesi wawancara/interview sehingga dari sini anda berkesempatan untuk memberikan penjelasan tentang klasifikasi anda lebih lanjut. Jika anda dipandang sebagai sosok yang qualified anda pasti akan diterima bekerja diperusahaan tersebut.

Tips untuk mendapatkan pekerjaan

  • Rajin cari informasi lowongan dari berbagai sumber

  • Jangan menyerah (terus berusaha)

  • Jangan hanya bergantung pada salah satu sumber informasi

  • Kontak sahabat anda yang mungkin memiliki sebuah informasi penting (info lowongan kerja)

  • Terakhir, sabar dan terus berusaha mencari sampai berhasil. 


Contoh Surat Permohonan Kerja Marketing

Contoh surat lamaran kerja dibagian marketing. Quota lowongan pekerjaan di Negeri ini memang masih didominasi oleh sector tertentu, marketing termasuk salah satu sector yang paling memberikan banyak quota lowongan. Jika anda tertarik bergabung sebagai seorang marketer disuatu perusahaan, berikut contoh surat lamaran kerja sebagai staff marketing.

Pendapatan/gaji seorang staff marketing sebenarnya tidak bisa diremehkan asalkan yang bersangkutan bekerja disebuah perusahaan ternama. Mereka pasti bisa mendapatkan gaji+komisi yang sangat besar dari perusahaan tempat yang bersangkutan bernaung.

Kepada Yth,

Bapak Stevanus Alba
Ka. Personalia PT. Bumi Sentosa
Jln. Mawar Indah No. 23 Surabaya




Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Ardi Yahya
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 11 September 1988
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan Terakhir: SMK
Agama : Islam

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja diperusahaan yang Bapak pimpin guna diposisikan sebagai staff marketing.
Adapun informasi lowongan kerja ini saya dapat dari berita harian Jawa Pos edisi Sabtu, 11 Agustus 2013.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung:

Foto copy KTP : Dua lembar
Foto copy Ijazah terligalisir : Dua lembar
Pas foto 4x6 : Dua lembar
Daftar riwayat hidup : Dua lembar
Surat pengalaman kerja : Dua lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya saat ini. Besar harapan saya untuk dapat diterima diperusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Surabaya, 12 Agustus 2013
Hormat saya,

materai&t/ tangan

Ardi Yahya
Pemohon

Contoh Surat Lamaran Kerja Akuntansi / Keuangan

Contoh surat lamaran kerja dibagian keuangan (akuntansi). Langsung saja, berikut contoh format penulisan surat permohonan kerja sebagai akuntan/administrasi keuangan.




Kepada Yth,
Ka. Personalia PT. Nusa Indah
Jln. Kamboja No. 99 11010
Telp. __________ Fax ___________
Jakarta Barat




Dengan hormat,

Bapak Rony Wabai yang saya kenal sebagai asisten editor di PT. Nusa Indah, memberikan saya informasi tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga kerja di Departement Financial PT. Nusa Indah.
Maka, sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini bermaksud untuk mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Nusa Indah tersebut.

Berikut mengenahi biodata diri tentang saya :
Nama Lengkap:  _________________
Tempat & Tgl. Lahir :  _________________
Pendidikan Terakhir : _________________
Alamat :  _________________
Telepon / Hp :  _________________
E-mail :  _________________
Status Pernikahan :  _________________ (belum nikah/nikah)

Saat ini saya sedang bekerja di PT. Putri Indah Sari, sebagai staf administrasi operasional dan akuntan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang pengolahan data operasional serta keuangan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup : Satu Lembar
Foto copy KTP : Satu Lembar
Foto copy Ijazah : Satu Lembar
Foto copy sertifikat pelatihan : Satu Lembar
Pas foto terbaru : Satu Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenarnya. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan melakukan sesi interview guna  saya dapat menjelaskan lebih jauh mengenai diri saya dan klasifikasi yang bisa saya tawarkan di Pt. Nusa Indah sebagaimana background pengalaman kerja yang saya miliki. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan  terima kasih.

Hormat saya,



( _________ )

Contoh Surat Dinas Singkat dan Padat

Contoh format penulisan surat dinas yang ditujukan kepada sebuah perusahaan berkaitan dengan program studi banding. Berikut contohnya

Contoh Format Penulisan Surat Dinas

Bontang, 9 Juli 2017
Nomor : 114/KI/M/2017

Kepada Yth,
PT. Karimun Indah
Jalan Gunung Kidul No. 88 Bontang

Hal : Kunjungan Kerja/Studi Banding

Salam sejahtera kami sampaikan kepada Bapak/Ibu pimpinan PT. Karimun Indah beserta seluruh staf management dan karyawan. Semoga dalam keadaan sehat, diberikan kemurahan oleh yang maha Esa, serta lancar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari untuk membangun PT. Karimun Indah menjadi semakin lebih maju.

Menindak lanjuti pemberitahuan yang dibuat oleh staf kami perihal kunjungan ini, maka bersama surat ini kami beritahukan bahwasannya kami akan melakukan kunjungan kerja dalam rangka proses pengembangan kurikulum Program Studi banding di PT. Karimun Indah dengan ketetapan seperti dijelaskan berikut ini :

Hari : Kamis
Tanggal : 21, Juli 2011
Waktu : 09.30 s/d 15.30.00 WIB

Sehubungan dengan jadwal yang telah kami buat bilamana nantinya terdapat perubahan, maka kami akan melakukan pemberitahuan kepada PT. Karimun Indah.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan banyak terima kasih.

A/n. Rektor,
Rektor Bidang Sosial


Toha Ali
NIP89039303014548

Tembusan :
-  Direktur
-  Ka. Accounting

Silahkan baca contoh surat lainnya; contoh surat lamaran pekerjaan, contoh surat permohonan. Demikian artikel contoh tata cara penulisan surat dinas, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Bagus

Membuat surat lamaran kerja merupakan modal awal yang sangat penting manakala anda memutuskan untuk melamar pekerjaan disebuah perusahaan tertentu. Surat merupakan cerminan dari kelayakan anda dimata pimpinan perusahaan atau kabag personalia (HRD).

Surat lamaran kerja yang bagus bukanlah surat lamaran kerja yang ditulis sedemikian panjang, tetapi surat yang memuat criteria cara penulisan surat lamaran itu sendiri. Apa saja yang perlu dimuat/ditulis didalamnya, apa saja yang tidak perlu dicantumkan, apa saja poin-poin penting yang tidak boleh diikut sertakan, dsb.

Sebelum anda mendapatkan kesempatan untuk melakukan sesi wawancara, surat yang anda buat akan menjadi parameter awal dihadapan kabag human resource department. Bagaimana cara anda menyusun surat lamaran tersebut, bagaimana anda menggunakan bahasa yang etis dan tepat, dst.

Dibawah ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa anda pakai, semoga mampu membuka jalan bagi anda untuk dapat diterima diperusahaan yang anda lamar. Ini hanya sebuah contoh, silahkan anda sesuaikan berdasarkan kondisi anda dan dimana anda melamar pekerjaan.

Kepada Yth,
Human Resource Department
PT. CITRA WALI
Up. Ibu Salina Roslah
Jalan Mawar Indah No. 23 Balikpapan
Telp : _________ Fax : _________  

Hal : Surat Permohonan Kerja

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
Jenis kelamin :
Tempat / Tgl. Lahir :
Alamat :
Pendidikan terakhir :

Menindak lanjuti info yang saya peroleh dari situs berniaga.com terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Citra Wali untuk ditempatkan dibagain Management, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di PT. Citra Wali dengan harapan dapat diterima dan mengisi kekosongan tersebut.

Bersama surat permohonan kerja ini saya cantumkan sejumlah dokumen penting untuk melengkapi persyaratan surat permohonan yang saya buat, sebagai berikut:

Foto copy : Ijazah (satu) lembar (terlegalisir)
Foto copy : Kartu Tanda Penduduk (satu) lembar
Foto copy : Biodata diri (satu) lembar
Foto copy : Surat Keterangan Catatan Kepolisian  (satu) lembar
Pas foto : Ukuran 4x6 (dua) lembar, dan 3x4 (dua) lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan banyak terimakasih.

Balikpapan, 12 Januari 2018
Hormat saya,

Materai 3000

(Nama anda)

Contoh Penulisan Surat Permohonan

Surat permohonan, sebelum membuatnya atas keperluan tertentu tentunya anda harus sudah mengerti apa yang dimaksud surat permohonan. Adalah sebuah surat yang isinya berupa sebuah permohonan dalam bentuk tertulis.

Seperti halnya namanya “permohonan” maka surat permohonan tentunya digunakan untuk menuliskan suatu permohonan, dan permohonannya pun beragam. Bisa permohonan kerja, permohonan bantuan, permohonan izin usaha, dan jenis-jenis permohonan lainnya.

Dibawah ini merupakan contoh surat permohonan untuk meminjam tempat / lapangan sepakbola yang dibuat oleh sebuah organisasi/klub sepakbola kepada ketua karang taruna Desa.


Samarinda, 21 April 2018

Nomor : 01/SP/IV/2018
Hal: Surat Permohonan
Lampiran : -

Kepada Yth,

Ketua Karang Taruna Desa Kembangagung
Up. Sdr. Ali Yahya

Di-tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya pertandingan sepakbola antara Star5 FC melawan Bintang9 pada hari Selasa, 04 Mei 2018, maka dengan ini kami atas nama pengurus Star5 bermaksud untuk meminjam lapangan sepakbola Desa Kembangagung pada:

Hari : Jum’at
Tanggal : 04 Mei 2018
Jam : 15.30 WIB - Selesai

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kebersediaannya kami ucapakan banyak terimakasih.

Samarinda, April 2018
Hormat kami,


Star5 FC
Pimpinan

Kembali pada permohonan yang akan anda ajukan. Surat permohonan yang sedang anda butuhkan mungkin bukan surat permohonan untuk izin menggunakan tempat. Mungkin surat permohonan untuk urusan kerja, surat permohonan izin usaha atau yang lainnya. Intinya, surat permohonan adalah sebagaimana telah dijelaskan pada baris pertama artikel, jadi anda tinggal menyesuaikannya berdasarkan kepentingan anda.

Beberapa poin penting yang harus anda muat dalam penulisan surat permohonan, diantaranya:

Identitas anda sebagai pemohon
Jelakan secara terperinci apa yang akan anda ajukan
Pada siapa permohonan anda tujukan (harus jelas dimuat dalam surat)
Menggunakan bahasa yang etis, dll.