Contoh Menulis Surat Lamaran Guru

Contoh surat pengajuan sebagai guru. Dibawah ini merupakan artikel contoh format penulisan surat pengajuan diri sebagai guru disebuah lembaga pendidikan.

Berkarir sebagai guru termasuk salah satu pekerjaan yang dipilih oleh banyak orang mengacu pada sejumlah factor. Selain untuk mendapatkan nafkah, pekerjaan sebagai guru juga terpandang cukup mulia sebagai seorang tenaga pendidik.

Kesejahteraan komunitas guru belakangan ini juga sudah mulai merata. Bukan hanya guru Negeri, bahkan guru swasta yang hanya mengajar disebuah lembaga pendidikan dipedesaan pun saat ini juga sudah mendapatkan kucuran dana dari pemerintah sehingga gaji yang diterima relative tinggi berbanding tahun-tahun sebelumnya.

Contoh format surat lamaran sebagai guru 

Sleman,  11 Juni 2015
Kepada Yth,
Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Darul Iman
up. Bapak/Ibu __________________
Jln. Jendral Sudirman No. 41 Sleman
Telp: _______________

Dengan hormat,
Menindaklanjuti informasi yang saya baca di berita harian Jawa Tengah Post edisi 10 Juni 2015 terkait dengan dibutuhkannya tenaga pengajar baru untuk bidang studi Bahasa Indonesia, maka dengan ini saya:

Nama : JONI LAMBOYA, S,pd.
Jenis kelamin : Laki-laki
Tempat/Tgl. Lahir : Yogyakarta, 20 Juni 1987
Alamat : Jln. Kalibratas No. 77/88 Yogyakarta
Pendidikan terakhir: Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta

Bermaksud untuk mengajukan diri sebagai tenaga pengajar di Madrasah Aliyah Darul Iman sebagai guru bidang studi Bahasa Indonesia.

Bersama dengan ini saya lampirkan beberapa dokumen penting untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan Bapak.

- Ijazah / transkip nilai terakhir
- Biodata diri
- Foto copy KTP
- Foto copy Surat Pengalaman Mengajar
- Pas foto berukuran 3x4 dua lembar

Demikian surat pengajuan ini saya buat. Saya sangat berharap Bapak berkenan untuk mempertimbangkan permohonan saya yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimaksih.

Hormat saya,

materai+t/tangan

JONI LAMBOYA, S,pd.


Kerangka Naskah Menjadi Pembawa Acara (MC)

Teks kerangka untuk menjadi pembawa acara atau master of ceremony yang disingkat menjadi MC. Meski bertindak sebagai pembawa acara bukanlah sesuatu yang membingungkan, namun bagi yang sebelumnya belum pernah melakukannya kemudian diberi kepercayaan oleh rekan, kerabat, atau pihak sekolahan untuk menjadi MC bisa jadi yang bersangkutan merasa canggung dan kurang mengerti secara pasti apa yang akan dibacakannya dan bagaimana mengumumkan susunan acara pada majlis tersebut.

Untuk menjadi pembawa acara anda tidak perlu bingung. Pekerjaan seorang MC itu sangat sederhana sekali. Anda cukup meminta kepada yang bersangkutan apa saja acara/kegiatan yang akan dilangsungkan.


Bergantung pada majlis atau kegiatan apa anda ditunjuk sebagai MC. Apakah anda akan menjadi pembawa acara disebuah acara pernikahan, kegiatan yayasan pendidikan, atau bentuk kegiatan yang lainnya. Berikut contoh susunan agenda yang akan anda bacakan bertindak sebagai seorang pembawa acara. Dalam hal ini kegiatan yang akan dilangsungkan adalah perpisahan sekolah.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya kepada kita semua sehingga pada momen yang berbahagia ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama berkaitan dengan acara perpisahan sekolah ……………………………

Sholawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W yang telah memberikan kepada kita semua bimbingan menuju jalan yang diridhoi.

Yang saya hormati,

Yth. Kepala sekolah …………………….

Yth. Bapak/Ibu wali kelas ………………..

Yth. Segenap jajaran dewan guru, Bapak-bapak, Ibu-ibu para undangan yang kamu muliakan.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya berdiri dihadapan Bapak/Ibu sekalian selaku pembawa acara, pada kesempatan yang penuh damai ini saya akan membacakan beberapa agenda pada malam hari ini. Adapun susunan acara pada malam hari ini adalah sebagai berikut

- Pembukaan
- Pembacaaan Ayat suci Al-Qur’an
- Sambutan-sambutan
- Prosesi pelepasan
- Pentas seni
- Penutupan

Hadirin sekalian yang saya muliakan, demi menghemat waktu dan memohon do’a agar acara pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar marilah kita buka acara ini dengan bacaan Basmallah bersama.

Selanjutnya anda tinggal membacakan satu per satu acara sesuai dengan susuanan yang ada sampai penutupan.

Artikel contoh surat yang mungkin sedang anda perlukan; contoh surat permohonan beasiswa, contoh surat mutasi dan contoh surat pembatalan

SMS Kata Kata Menyambut Lebaran

SMS ucapan menyambut hari lebaran. Idul Adha semakin dekat dan segenap umat Islam akan merayakan hari yang penuh keberkahan ini. Sobat pembaca, tiba moment datangnya hari lebaran seperti lebaran Idul Adha pastinya anda akan mengucapkan selamat menyambut lebaran kepada sanak saudara, teman atau orang-orang terdekat anda. Berikut saya tuliskan beberapa baris kalimat untuk ucapan selamat menyambut lebaran yang mungkin berguna untuk anda.

SMS MENYAMBUT HARI RAYA

Kala hari serasa menenggelamkan diri yang masih berbalut kegundahan sebuah hari yang besar datang menghampiri untuk menaburkan sejuta makna Islami.

Telah tiba hari raya Idul Adha, sebuah hari penuh kedamaian dimana umat Muslimin dengan penuh riang merayakan arti sebuah kemenangan.

Ya Tuhan, jadikan kami sebagai hamba yang kian mendekat kepada-Mu. Sempurnakanlah iman kami dengan terus mengingat perintah-Mu serta menjauhi larangan-Mu.

Terimakasih atas segala rahmat yang senantiasa engkau berikan kepada kami, kami hanya manusia yang tak daya tanpa pertolongan-Mu.

Terimakasih atas limpahan innayah yang telah engkau anugerahkan kepada hamba, dan berikanlah ridhomu untuk orang-orang yang kami cintai.

Berikanlah kedamaian kepada orangtua kami, sanak kerabat kami, sahabat-sahabat kami, dan lindungilah kami dari hal-hal yang akan menyesatkan kami.

Selamat menyambut hari raya Idul Adha, semoga kita senantiasa menjadi manusia yang hidup penuh berkah dan kasih sayang. 

Contoh Surat Pengajuan Beasiswa

Surat permohonan beasiswa dapat anda buat jika anda merasa patut untuk menerimanya. Anda bisa mengajukan permohonan beasiswa ke pemerintah tingkat kabupaten atau ke kampus anda sendiri.

Surat permohonan beasiswa dibawah ini merupakan surat permohonan beasiswa untuk mahasiswa/calon mahasiswa yang kurang mampu.

Program beasiswa sebenarnya sangat banyak sekali, dan tidak terbatas untuk mahasiswa yang berkadar ekonomi rendah saja. Meskipun anda dari keluarga yang terbilang mampu, anda juga masih bisa mengajukan permohonan beasiswa jika anda memiliki prestasi.

CONTOH SURAT PERMOHONAN BEASISWA UNTUK MAHASISWA/CALON MAHASISWA YANG KURANG MAMPU  

Kepada Yth,
Pembantu Rektor III
Universitas Muhammadiyah Malang
Up. Bapak Solahuddin Husein, S,Pd.
Di-tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi program beasiswa bagi para mahasiswa/(i) yang kurang mampu sebagaimana yang disampaikan oleh dosen pembimibing (nama dosen) dan di madding kampus per Januari 2012 untuk beasiswa berjangka 1 (satu) s/d 4 (empat) tahun, maka saya yang bertanda tangan sebagai berikut:

Nama : Tulis nama lengkap anda
Kelas : Sebutkan kelas anda
N.P.M : Isi nomor kartu mahasiswa disini
Fak./Jurusan : Informasikan jurusan yang anda ambil
Tahun Akademik : Isi dengan tahun masuk kuliah anda

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa untuk jenjang pendidikan S-1, Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ekonomi.

Sebagai bahan perlengkapan permohonan yang sayaajukan, bersama ini saya lampirkan sejumlah berkas pendukung untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat menerima program beasiswa yang dalam hal ini dikhususkan untuk calon mahasiswa/mahasiswa kurang mampu. Atas perhatian Bapak saya sampaikan banyak terima kasih.


Malang, 12 Oktober 2012
Hormat saya,                                                             Mengetahui,



(Nama anda)                   (Nama orangtua anda)                           (Kepala Desa Setempat)
Pemohon

Note:
Ada beberapa persyaratan penting yang harus anda cantumkan dalam surat pengajuan beasiswa, diantaranya: biodata diri pemohon harus lengkap, biodata keluarga, surat keterangan kelakukan baik, surat keterangan anda kurang mampu, surat permohonan harus diketahui oleh kepala desa, dsb. 

Artikel terkait; contoh surat pembatalan, surat kuasa mutasi, contoh surat perjanjian. Demikian, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Pembatalan Keikutsertaan

Surat pembatalan dibawah ini merupakan surat pembatalan yang dibuat dalam  rangka memberikan informasi terkait keputusan untuk mengundurkan diri dari keikutsertaan sebuah klub sepakbola pada suatu ajang/even perlombaan.

Guna memberikan informasi kepada pihak panitia penyelenggara, maka perlu dibuat sebuah surat pemberitahuan terkait keputusan untuk membatalkan keikutsertaan dalam suatu ajang perlombaan agar tidak mengecewakan pihak penyelenggara, apalagi jika sebelumnya sudah terjadi kesepekatan dalam bentuk tertulis.

Jakarta, 13 Februari 2011

Kepada Yth,
Ketua Panitia Soccer Star Competition 2011
Up. Bpk. Sulman Salim
Di-Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rusdi Yahya
Jabatan : Manager Zinc FC

Dengan ini saya atas nama Zinc FC bermaksud untuk menyampaikan surat pengunduran diri dari kompetisi Soccer Star Competition 2011, dikarenakan sebagian besar pemain sedang dalam kondisi tidak memungkinkan untuk mengikuti turnamen tersebut.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat, atas undangan yang telah diberikan diucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,
Zinc FC

stemple klub/t/tangan

Rusdi Yahya
Manager

Artikel contoh surat lainnya; contoh surat mutasi, contoh surat perjanjian, dan contoh surat permohonan kenaikan gaji. Demikian artikel contoh surat pengunduran diri dari keikutsertaan ajang perlombaan, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Mutasi (Surat Kuasa Mutasi)

Surat mutasi terbagi menjadi beberapa jenis dan atas kegunaan/keperluan masing-masing. Surat mutasi tidak hanya identik dengan surat mutasi kendaraan. Selain surat mutasi kendaraan masih banyak jenis surat mutasi lainnya, seperti surat mutasi untuk pengurusan administrasi mutasi ISP.

Contoh Surat Kusa Mutasi (Administrasi Mutasi ISP)

SURAT MUTASI
No : .............................

Yang bertanda tangan di bawah ini atas nama .................................... :

Nama :
Jabatan :
Alamat :

Dengan ini memberikan kuasa kepada karyawan PT. BUMI TEKNIKAL LESTARI di bawah ini :

Nama :
Jabatan : General Technical Support
Alamat : PT. BUMI TEKNIKAL LESTARI
Gedung Cempaka Indah Lt. 20 Tower I
Jln. Jendral Sudirman No. 12 Jakarta Pusat

Untuk mengurus proses administrasi Mutasi ISP dalam hal pelayanan Speedy Link TELKOM dari ISP ........................ ke ISP Satelinda Net dengan No.Speedy ................................ paket .............................. .

Demikian Surat Kuasa ini kami buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta Pusat, 25 Maret 2014

Pemberi Kuasa                                                          Penerima Kuasa

Materai7t/tangan                                                                                         t/tangan penerima

(Nama lengkap)                                                        (Nama lengkap)

Contoh Surat Perjanjian

Surat perjanjian biasanya dibuat untuk urusan bisnis, misalkan kesepakatan bisnis antara perusahaan A dan perusahaan B. Surat perjanjian dibuat sebagai dasar hukum bilamana dikemudian waktu terjadi percecokkan.

Artikel contoh surat sebelumnya yang mungkin sedang anda butuhkan ''contoh surat permohonan kenaikan gaji''. 

Sebagai dasar hukum yang kuat karena telah ditanda tangani oleh kedua belah pihak sewaktu melakukan deal maka surat perjanjian dapat digunakan oleh kedua belah pihak untuk menuntut hak masing-masing jika nantinya ditemukan kecurangan, baik oleh pihak pertama maupun pihak kedua. 

SURAT PERJANJIAN
No. II/SP/III/2011


Yang bertanda tangan dibawah ini :

- Suryanto Zuhri

Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT. JAYA ABADI selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

- Julio Hardiansyah

Dalam hal ini bertindak dan atas nama CV. DUA KELINCI selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA setuju untuk melakukan kesepakatan kerjasama bisnis berupa PEMASARAN PRODUK milik PIHAK PERTAMA oleh PIHAK KEDUA dengan ketentuan sebagai berikut.

KEWAJIBAN DALAM PERJANJIAN

Perjanjian kerjasama bisnis, bahwa PIHAK KEDUA bersedia untuk memasarkan produk milik PIHAK PERTAMA dengan ketentuan sebagai berikut :

  • PIHAK PERTAMA akan memberikan upah pemasaran produk milik PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sebesar 10 % dari setiap produk yang berhasil terjual.
  • PIHAK PERTAMA akan memberikan pembayaran sebesar 10 % terhadap PIHAK KEDUA dari setiap produk yang berhasil dijual selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari setelah produk tersebut berhasil terjual.
  • PIHAK PERTAMA akan melakukan pembayaran kepada PIHAK KEDUA melalui dua opsi pembayaran, yakni: transfer BANK atau pembayaran secara tunai.


PEMBATALAN PERJANJIAN

  • PIHAK PERTAMA berhak untuk membatalkan perjanjian sewaktu-waktu jika PIHAK KEDUA tidak berhasil memasarkan produk milik pihak PERTAMA dalam rentang waktu 2 (dua) bulan sejak surat perjanjian ditanda tangani oleh kedua belah PIHAK.
  • PIHAK PERTAMA berhak untuk membatalkan perjanjian sewaktu-waktu tanpa harus meminta persetujuan dari PIHAK KEDUA bilamana kerjasama tersebut dianggap tidak memberikan keuntungan bagi PIHAK PERTAMA, dan dalam hal ini PIHAK PERTAMA tidak akan dituntut untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apapun kepada PIHAK KEDUA.


KESEPAKATAN PERJANJIAN

Surat Perjanjian kerjasama bisnis ini telah dibaca, dimengerti dan disetujui oleh kedua belah PIHAK tanpa ada paksaan dari PIHAK manapun.

Bali, 14 Maret 2011

Yang membuat perjanjian
PT. JAYA ABADI                                         CV. DUA KELINCI

                                    materai

Suryanto Zuhri                                          Julio Hardiansyah
PIHAK PERTAMA                                       PIHAK KEDUA

Contoh Surat Permohonan Kenaikan Gaji

Format penulisan surat permohonan untuk kenaikan gaji. Sebagai seorang karyawan apabila anda merasa sudah tiba masanya untuk anda menerima kenaikan gaji sementara hal tersebut tidak kunjung anda dapatkan, maka langkah yang bisa ditempuh adalah dengan membuat surat permohonan kenaikan gaji agar permintaan anda dapat diproses oleh pimpinan.

Surat permohonan permintaan kenaikan gaji lazim dibuat oleh karyawan jika yang bersangkutan merasa gaji yang diterima masih belum sebanding dengan tugas yang diembannya dan kontribusi yang telah diberikan kepada perusahaan. Membuat surat permohonan kenaikan gaji adalah cara penyampaian yang baik dan akan ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Contoh surat permohonan kenaikan gaji karyawan

Kepada Yth,
Manager PT. SANURI INDAH
Jalan Papandamai No. 11 Balikpapan - Kaltim
Telp : ................... Fax : ...................

Hal : Permohonan Kenaikan Gaji

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Yuni Asanda
Jabatan : Akuntan
Tanggal bergabung : 14 April 2002

Dengan ini bermaksud untuk memohon kenaikan gaji sebesar 10 % dari gaji yang saya terima sebelumnya.

Permohonan ini saya buat setelah melakukan berbagi macam pertimbangan berdasarkan masa abdi saya di PT. SANURI INDAH serta atas sejumlah pertimbangan lainnya.

Saya harap Bapak berkenan untuk mengabulkan permintaan kenaikan gaji yang saya sampaikan mengingat saya belum pernah menerima kenaikan gaji setelah sekian tahun memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Demikian surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan kebersediaannya saya sampaikan terimakasih.

Balikpapan, 12 Juli 2012
Hormat saya,



Yuni Asanda

Contoh Laporan Keuangan dan Pengajuan Dana Operasional Perusahaan

Membuat laporan administrasi keuangan atau estimasi dana biasanya adalah tugas seorang administrator atau akuntan. Perusahaan membebankan tugas untuk membuat pembukuan laporan keuangan guna mengetahui alokasi uang yang dikucurkan oleh perusahaan.

Jumlah dana sekian digunakan untuk keperluan apa saja, dan dana berjumlah sekian diminta untuk dialokasikan untuk kepentingan apa. Meski administrator atau akuntan diberikan kepercayaan oleh perusahaan untuk mengolah dana perusahaan, namun laporan dan pengajuan harus dibuat setransparan mungkin agar dapat disetujui oleh pihak bersangkutan (manager, direktur atau kepala bagian keuangan perusahaan).

Bagaimanakah format laporan keuangan? Tergantung skala perusahaan dan jenis laporan yang akan dibuat. Format laporan keuangan atau pengajuan dana untuk operasional perusahaan memiliki beberapa type. Jika anda bekerja diperusahaan yang berskala kecil maka bentuk laporan keuangan/pengajuan dana yang harus anda buat tidaklah serumit diperusahaan besar.

Berikut contoh format laporan keuangan/pengajuan dana operasional perusahaan dalam bentuk yang sederhana.

Kop perusahaan Anda
__________________________________________________

LAPORAN KEUANGAN BULANAN
No. 128/DA/LK-PD/III/2015

Kepada Yth,
Kabag Keuangan PT. DARIAL AGUNG
up. Bapak Lafiyanto Djohan
Di-Samarinda


Dengan hormat, 
Bersama ini kami sampaikan laporan keuangan alokasi dana per Februari 2015 dan pengajuan dana per Maret 2015. 


Total  alokasi dana untuk operasional perusahaan per Februari 2015 adalah sebagai berikut:

No.
Nama Barang
Jumlah
Rp
1
Perlengkapan safety
25
1250000

Sabuk pengaman
25
1250000

Sepatu boot
25
1250000

Kaca mata
25
1250000

Baju kulit
25
1250000
2
Gaji karyawan
30
36000000
3
Lain-lain

1000000

TOTAL

43250000

Permohonan dana untuk operasional perusahaan per Maret 2015 adalah sebagai berikut:

No.
Nama Barang
Jumlah
Rp
1
Pembayaran listrik
1
1000000
2
Biaya sewa gedung
1
4000000
3
Perlengkapan perangkat kerja



Komputer
2
9000000

Laptop
1
6000000
4
Gaji karyawan
30
36000000
5
Lain-lain

1000000

TOTAL

75000000

Demikian laporan keuangan dan permohonan dana operasional perusahaan ini dibuat. Atas perhatiannya disampaikan terimakasih.

Samarinda, 28 Februari 2015
Dibuat oleh,                      Mengetahui,


Yoga Pratama                 Johan Rendayana  
Akuntan                           Manager

Contoh Surat Pesanan Barang

Surat pesanan barang biasanya dibuat oleh perusahaan manakala persediaan barang dagang sudah hampir habis. Surat pesanan barang juga bisa dibuat mengatasnamakan perorangan.

Berikut contoh surat pesanan barang untuk memesan barang dagang yang ditujukan ke perusahaan supplier/penyedia barang dagang.

PT. CITRA MARGA LETNA
Jalan Citralestari No. 14 Jakarta Timur 11010
Telp. : 021 ………….. Fax : …………..
_______________________________________________________________________

Jakarta, 12 Juli 2014
No. 123/CML/SPB/2014

Kepada Yth,
Pimpinan PT. MUSRNI SUPPLIER
Jalan Cendana Barat No. 11 Jakarta Pusat
Telp. : 021 ……………… Fax : 021 ………………

HAL : Surat Pesanan Barang

Dengan hormat,
Mengingat persediaan barang kami yang semakin menipis, maka kami bermaksud untuk memesan barang sebagai berikut:

Minyak goreng : 100 botol (Btl 1 ltr)
Minyak tanah : 50 botol (btl 41 ltr)
Telur ayam : 2 kardus (200 pcs/kardus)
Sabun mandi Lifeboy : 500 pcs
Shampoo Clear : 400 botol
Kertas kuarto : 4 ring
Susu Bendera : 60 botol

Barang-barang yang kami pesan diatas kami harap dapat segera dikirim selambat-lambatnya akan kami terima 4 hari setelah surat ini diterima.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami,
PT. CITRA MARGA LETNA


Soeharto Candra
Pimpinan

Contoh surat lainnya yang mungkin sedang anda butuhkan; contoh surat penawaran, surat proposal bantuan dana, dan contoh surat resmi.

Contoh Surat Penawaran Yang Bagus dan Lengkap

Surat penawaran biasa digunakan oleh pebisnis untuk melakukan sebuah kesepakatan bisnis dengan perusahaan/pebisnis lain.

Artikel contoh surat sebelumnya; contoh surat permintaan maaf, surat tugas, dan contoh surat izin usaha atau SIUP.

Surat penawaran terbagi menjadi beberapa jenis. Ada surat penawaran harga, surat penawaran kerjasama, surat penawaran tender proyek dan masih banyak lagi. Dibawah ini merupakan contoh surat penawaran barang dan jasa.

Contoh surat penawaran Barang dan jasa

Kepada Yth,
Pimpinan PT. KREASI JAYA
Jln. Permatasari No. 77/71 Bandung (40288)
Telp : ................ Fax : ................


No. : 111/KJ/SPH/2019
Hal : Penawaran Barang Dan Jasa
Lamp. : 1 (Satu) Berkas


Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. KREASI JAYA kepada Bapak / Ibu pimpinan PT. DAMAI SEJAHTERA.

Kami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan barang dan jasa pemasangan/instalasi listrik (elektrik) yang telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pemasangan listrik di gedung-gedung perkantoran ternama.

Sehubungan dengan itu, sesuai informasi yang kami dapat bahwasannya PT. DAMAI SEJAHTERA merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membangun sebuah gedung perkantoran baru, maka kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran untuk jasa pemasangan dan instalasi listrik dimana ini merupakan spesialisasi kami.

Kami berharap penawaran ini dapat berakhir dengan kerjasama yang dapat memberikan keuntungan terhadap kedua belah pihak. Sehubungan dengan surat penawaran yang kami buat, kami siap untuk mengadakan pertemuan dengan pihak PT. DAMAI SEJAHTERA guna menindaklanjuti penawaran yang kami buat.

Demikian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Bandung, 12 Januari 2019
Hormat kami,
PT. KREASI JAYA

t/tangan+stempel perusahaan

JOHAN ARIF
Marketing Manager

Contoh Surat Permintaan Maaf

Surat permintaan maaf dibuat oleh yang bersangkutan baik itu mengatasnamakan kelompok ataupun perorangan dalam upaya untuk meminta maaf terkait suatu kejadian yang merugikan pihak atau orang lain.

Surat permintaan maaf bisa menjadi sebuah solusi pemecah permasalahan tertentu dari terus berlarut-larut atau bahkan berlanjut hingga ke muka pengadilan. Dengan diterbitkannya surat permohonan maaf, hal tersebut dapat menjadi titik perdamaian dan mengakhiri konflik yang ada.

Contoh surat lainnya yang mungkin sedang anda butuhkan; contoh surat tugas, surat izin usaha, dan surat pernyataan. Contoh surat permohonan maaf sebagaimana yang tertulis dibawah ini

Kepada Yth :

Manager PT. BUMI INDAH
Jalan Ratnasari Nomor 87/78 Jakarta Timur 11010
Telp : .... .... Fax : .... ....
Up. Bapak Solahuddin Huda
Di-Tempat

Sehubungan dengan tindak pelanggaran yang telah kami lakukan berupa penyalinan dokumen rahasia PT. BUMI INDAH tanpa sepengetahuan pihak PT. BUMI INDAH, maka dengan ini kami atas nama PT. LATSA JAYA bermaksud untuk meminta maaf dan berharap agar permasalahan ini dapat diakhiri tanpa harus berlanjut dimuka pengadilan.

Kami sangat menyadari bahwa kami telah menyalahi etika bisnis dengan melakukan tindak pelanggaran sebagaimana tersebut diatas, dan kami sangat menyesali kejadian tersebut serta dengan amat sangat berharap agar pihak PT. BUMI INDAH berkenan berlapang dada untuk mengabulkan permintaan maaf kami.

Demikian surat permintan maaf ini kami buat dengan maksud pihak PT. BUMI INDAH dapat memberikan permaafan kepada PT. LATSA JAYA dan kami berharap agar kerjasama antara PT. BUMI INDAH dengan PT. LATSA JAYA dapat terus berlanjut.

Jakarta Timur, 12 Juli 2014
Hormat kami,

t/tangan+stempel perusahaan

PT. LATSA JAYA
Manager

Contoh Surat Tugas

Surat tugas termasuk salah satu jenis surat yeng bersifat formal. Ada sekian banyak jenis surat tugas. Surat tugas bisa duiterbitkan oleh perusahaan terhadap karyawannya, instansi ataupun lembaga tertentu.

Pada artikel sebelumnya kita sudah berbagi contoh surat meliputi; contoh surat izin usaha (SIUP), surat pernyataan, dan contoh format surat resmi. Artikel kali ini kita akan share format penulisan surat tugas.


KOP SURAT DISINI
___________________________________________________________________
SURAT TUGAS
Nomor: III/ST/03/2016

Sesuai dengan surat kepala pembinaan, pendidikan dan pelatihan perencana badan pndidikan nasional (Bappenas) nomor 1214/P.03/03/2016 perihal pemanggilan para calon peserta program pendidikan S-2 luar Negeri, maka:

Nama : Yuda Pratama
NIP : 345000000125
Pangkat : Penata Tk.I/II/d
Jabatan : Kepala sub bidang pengembangan wilayah dan pemukiman
Unit kerja : Bappeda provinsi Jawa Timur
Instansi : Pemerintah provinsi Jawa Timur

Untuk segera melaksanakan tugas belajar pada program persiapan pendidikan Ekonomi pada :

Perguruan tinggi : Akan ditetapkan kemudian
Tingkat : S-2
Terhitung sejak : 14 Juni 2016 – 1 Juni 2017
Lama belajar : Satu tahun

Demikian surat tugas ini diterbitkan untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya

Jakarta, 23 Mei 2016
Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur

Ttd,

(………………………..)
NIP : …………………


Tembusan :
  • Kepala pusat pembinaan, pendidikan dan pelatihan perencanan, Bappenas;
  • PPK PPSDMA Bappenas
  • Gubenur Jawa Timur di Surabaya
  • Kepala kantor kepegawaian daerah Jawa Timur di Surabaya
  • Pertinggal.

Contoh Surat Izin Usaha (SIUP)

SIUP atau surat izin usaha perdagangan sangat diperlukan bagi seorang pebisnis terutama jika jenis usaha tersebut termasuk dalam kategori jenis usaha yang berskala besar. Surat izin usaha terbagi menjadi beberapa golongan, yakni SIUP jenis usaha berskala besar, SIUP untuk jenis usaha berukuran menengah dan SIUP untuk jenis usaha berukuran kecil.

SIUP dibutuhkan sebagai dokumen jaminan untuk usaha yang anda jalankan. Tanpa memiliki sertifikat surat izin usaha perdagangan maka sewaktu-waktu usaha/perusahaan anda dapat dibubarkan oleh pemerintah melalui instansi terkait karena dianggap ilegal mengingat tidak adanya surat izin usaha.

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN
Jln. Ratnasari No. 77/10 Malang 65148
Telp. 0341 …… …… Fax …… ……
.......................................................................................................................

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) BESAR
Nomor: 400/5828A/338.8.11/2016

Nama Perusahaan : 

PT. LINDO JAYA

Merek (Milik Sendiri/lisensi) : 

Alamat Kantor Perusahaan : 

Jln. Taman Indah No. 44 Kota Malang (65148) No Telp / Fax 0341 …. …. Fax. 0341 …. ….

Nama Pemilik / Penganggung Jawab :

Alamat Pemilik / Penganggung Jawab : 

Jln. Latsari No. 99 Kota Malang (65148) No Telp / Fax 0341 …. ….

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWK) : 

02.477.789.0-788-252

Nilai Modal dan Kekayaan Bersih Perusahaan
Seluruhnya Tidak Termasuk Tanah dan Bangunan
Tempat Usaha : 

Rp 600.000.000

Kegiatan Usaha : 

Perdagangan Barang dan Jasa

Kelembagaan : 

Supplier

Bidang Usaha : 

Perdagangan (513.515) Jasa (749)

Jenis Barang / Jasa Dagangan Utama : 

Elektrikal, Bahan Bangunan, Barang Cetakan, Alat Konstruksi, dan Mekanikal.

SIUP ini diterbitkan dengan ketentuan

Pertama : 

Surat Izin Usaha (SIUP) ini berlaku untuk kegiatan usaha perdagangan diseluruh wilayah republik Indonesia selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usaha perdagangan.

Dan wajib mendaftar ulang selambat-lambatnya 02 November 2021

Kedua : 

Pemilik / penanggung jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan dua kali dalam setahun dengan jadwal untuk semester pertama paling lambat tanggal 31 Juli dan untuk semester dua paling lambat tanggal 31 Januari tahun berikutnya.

Ketiga : 

Tidak berlaku untuk jenis perdagangan berjangka komoditi

Keempat : 

Tidak untuk melakukan kegiatan usaha selain yang tercantum dalam SIUP ini.


Dikeluarkan di : Malang
Pada tanggal : 02 November 2016


Kepala Dinas,


stempel pemerintah kota

Dra. Tanti Julianti, MM
Pembina Tk. I
1210 1212 22153 1521

Note:
Contoh surat izin usaha (SIUP) diatas dibuat hanya untuk tujuan educational. Terdapat beberapa kata termasuk alamat tidak ditulis berdasarkan alamat yang sebenarnya karena ini hanya sebuah kerangka contoh SIUP.