7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak

loading...
Ramadhan merupakan momentum bagi kita sebagai umat Islam untuk mempelajari agama lebih mendalam lagi, memperbanyak ibadah, dan meningkatkan keimanan kita. Begitu juga untuk anak-anak, Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk belajar agama. 

Di era teknologi seperti sekarang ini, belajar menggunakan smartphone atau tablet merupakan sebuah keniscayaan. Dengan belajar menggunakan multimedia pada smartphone, tentu akan membuat anak semakin menyukainya. Sejumlah developer, telah membuat sejumlah aplikasi baik yang berjalan pada smartphone berbasis Android ataupun iOS yang dapat digunakan sebagai sarana belajar bagi anak-anak. 

Ramadan telah memasuki minggu kedua, tentunya umat muslim semakin giat beribadah dan menguatkan imannya. Tak terkecuali si kecil yang sedang belajar puasa di bulan Ramadan tahun ini.

Sembari menunggu buka puasa, orang tua bisa mengajak anaknya bermain bersama dengan aplikasi smartphone. Tentunya bukan sembarang aplikasi, tetapi yang bisa menambah dan memperkuat keimanan anak-anak.

Apa saja? Berikut ini kami rangkum dari Tech in Asia rangkum beberapa aplikasi untuk memperkuat keimanan anak!

Belajar Menulis Hijaiyah

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Aplikasi ini dapat membantu anak-anak mengenal dan menulis huruf hijaiyah. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain animasi cara menulis, gambar objek sesuai dengan huruf yang sedang dipelajari, dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 500.000 kali ini juga memungkinkan orang tua untuk mengunggah hasil belajar anak ke Facebook. Tampilan yang menarik dan pilihan warna tulisan yang beragam menjadi salah satu daya tarik yang bisa membuat si anak semakin bersemangat dalam belajar huruf hijaiyah.

Marbel Belajar Wudhu

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Sesuai dengan judulnya, aplikasi buatan Educa Studio ini menyediakan tata cara berwudu. Setiap gerakan dalam berwudu disertai dengan animasi peraga sehingga memudahkan anak untuk mempraktikkannya. Tulisan latin di setiap bacaan doa juga memudahkan anak yang belum fasih membaca Alquran. Aplikasi ini terbilang cukup populer. Walaupun baru diluncurkan bulan April lalu, Marbel Belajar Wudhu sudah diunduh sebanyak 500.000 kali.

Marbel Belajar Wudhu menyediakan fitur-fitur bermain seperti Urutkan Wudhu, Tebak Gerakan, Pasangkan Gerakan, dan Tampung Air. Contohnya dalam permainan Urutkan Wudhu, si kecil harus memilih dan memindahkan gambar gerakan wudu pada panel yang tersedia dengan tepat, sesuai dengan urutan wudu yang benar. Keseruan dapat, ilmunya juga dapat :).

Marbel Belajar Shalat

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Jika tadi kita sudah mengajarkan anak tentang berwudu, maka selanjutnya adalah mengajarkan cara salat. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak usia 4 – 8 tahun. Meskipun diluncurkan bersamaan dengan aplikasi Marbel Belajar Wudhu, aplikasi ini mencapai jumlah unduhan dua kali lebih banyak, yaitu satu juta kali. Selain berisi gerakan sholat beserta dengan doanya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan narasi pendukung untuk memudahkan anak dalam memahami setiap gerakan salat.

Setelah belajar tentang tata cara salat, kamu dapat menguji pemahaman si kecil dengan permainan Tebak Gerakan. Permainan ini mengharuskan anak untuk memilih nama gerakan salat sesuai dengan gambar yang muncul pada panel. Masih ada beberapa permainan lain yang terdapat dalam aplikasi ini, yaitu Pasangkan Gerakan, Bersihkan Masjid, dan Menata Saf.

Doa Sehari Hari untuk Anak

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Aplikasi ini berisi kumpulan doa-doa pendek sehari-hari, seperti doa sebelum dan sesudah tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa ketika masuk dan keluar rumah, serta masih banyak lagi.

Walaupun tampilannya sederhana, aplikasi ini dapat menarik perhatian si kecil dengan gambar-gambar pendukung pada setiap doa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan keterangan yang berisi penjelasan setiap doa.

Kisah 25 Nabi dan Rasul

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Aplikasi yang berisi kisah para Nabi dan Rasul ini memiliki tampilan yang cukup menarik. Halaman depannya diberi gambar anak yang sedang menunggangi unta dengan pernak-pernik warna-warni. Aplikasi ini dapat membantu orang tua mengajarkan anak tentang kisah-kisah para Nabi dengan mukadimah di setiap kisahnya.

Marbel Asmaul Husna

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Satu lagi aplikasi buatan Educa Studio yang dapat membantu orang tua untuk meningkatkan keimanan si kecil, yaitu Marbel Asmaul Husna, yang saat ini telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca.

Setiap materi juga dilengkapi dengan narasi berupa audio, sehingga si kecil bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Marbel Asmaul Husna juga menyediakan berbagai permainan seru yang berkaitan dengan Asmaul Husna, seperti Pasang Nama, Tebak Nama, Pasang Arti, dan Tebak Arti.

Edukasi Anak Muslim

7 Aplikasi Android dan iOS Untuk Sarana Belajar Agama Anak
Aplikasi ini tergolong lengkap, mengingat isinya tidak hanya tentang tata cara wudu dan salat, tetapi juga doa harian, juz ‘amma, huruf hijaiyah, dan lagu-lagu muslim. Tampilan yang sederhana namun tetap colorfull membuat aplikasi ini banyak diunduh.

Terbukti sejak peluncurannya tanggal 19 April 2016, aplikasi ini sudah diunduh hampir 500.000 kali. Hal-hal pokok dalam islam, seperti rukun iman dan rukun islam, tak luput dari aplikasi ini. Simpel dan lengkap.

Itulah sejumlah aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana belajar anak-anak Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan di atas dapat membuat anak Anda semakin memahami agama. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar