9 Fitur Android yang Patut Dicoba

loading...
Sistem operasi Android yang digunakan sebagai sistem pengoperasian sejumlah perangkat smartphone dan tablet masih menguasai pasar. Android semakin populer di pasar smart device. Karakter open source yang menjadi basis dari sistem operasi Android inilah yang membuatnya banyak digunakan pada banyak perangkat cerdas. Bahkan dengan kehadiran smartphone Android, membuat penjualan smartphone BlackBerry yang sempat menjadi jawara di pasar smartphone semakin menurun. Kepopuleran Android tidak hanya di pasar Indonesia, tetapi juga di dunia. 

Sementara itu, Sebuah survei menyatakan bahwa pengguna Android rata-rata hanya menggunakan 30% dari fitur Android yang dimiliki smartphonenya. Berarti ada sekitar 70% fitur yang tidak digunakan atau bahkan belum pernah dicoba sama sekali.

Apakah smartphone Android yang ada didalam genggaman tangan kita ini hanya digunakan untuk bersosial media dan chatting saja? Sebenarnya banyak fitur Android yang bisa kita manfaatkan dari sebuah smartphone, berikut ini kami pilihkan beberapa fitur Android yang mungkin perlu kita coba dan gunakan untuk membantu aktifitas kita sehari-hari, seperti dikutip dari ArenaLTE.

Membuka Menu “Developer Option”

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Mengotak-atik “Developer Option” memang memberi kesan horor dan menyeramkan karena takut salah. Namun membuka pengaturan “Developer option” ini akan membuka sebuah jalan bagi kita untuk mengakses berbagai fitur Android unik yang tersembunyi dalam Android: USB Debugging.

Dengan mengaktifkan USB Debugging ini dapat memepercepat kinerja smartphone Android dengan menonaktifkan tampilan animasi, meningkatkan performa GPU dan berbagai hal menarik lainnya. Caranya sangat mudah yaitu cukup masuk ke menu Settings > About Phone dan tap Build number sebanyak 7 kali, dan kita akan mendapatkan akses ke menu “Developer Options”.

Merekam semua aktifitas Layar Android

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Kemampuan screen record di Android sudah bisa dilakukan sejak lama, namun sayangnya masih sedikit orang yang tahu dan melakukannya. Biasanya yang sering merekam tampilan layar Android yaitu pengupload video youtube dan pembuat video tutorial Android. Merekam segala aktifitas di layar Android menggunakan aplikasi menarik dilakukan terutama bagi para gamer yang ingin menunjukkan kehebatannya bermain games. Atau bisa menjadi solusi mengatasi berbagai masalah di Android atau sekedar sharing hal unik di smartphone. Tidak perlu pengaturan aneh-aneh, cukup instal aplikasi screen recorder yang banyak tersedia si Play Store, salah satunya yaitu AZ Screen Recorder.

Permudah Pengaturan Security

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Fitur Android Smart Lock diperkenalkan pada versi Android Lollipop, dan fitur ini memungkinkan kita untuk mengamankan smartphone kita dengan cara yang mudah dan sederhana, caranya yaitu: masuk ke menu Settings > Security > Trust Agents dan aktifkan Smart Lock on.

Ketika fitur ini aktif kita akan melihat menu Smart Lock pada tab Security. Kita bisa mengatur untuk tetap membiarkan smartphone Android tak terkunci dengan berbagai cara Trusted Devices (seperti misalnya bluetooth speaker atau smartwatch), Trusted Places (misalnya dirumah atau dikantor), Trusted Face, Trusted Voice (suara) atau Deteksi tubuh.

Menemukan Aplikasi Yang Memperlambat Kinerja Smartphone

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
“Process Stats” merupakan salah satu fitur keren yang ada di dalam menu Developer Options. Fitur ini menampilkan statistik tentang proses yang sedang berjalan dalam sistem smartphone Android. Akan terlihat daftar dari semua sistem proses, dan mengklik salah satunya akan menampilkan jumlah penggunaan RAM, run time dan running proses. Kita juga bisa menghentikan proses tersebut.

Mencoba Kaca Pembesar Android

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Aplikasi sederhana namuan bermanfaat ini bisa ditemuakan didalam menu Android Setting Accessibility. Setelah diaktifkan , cukup sentuh layar tiga kali bertuturt-turut dengan cepat maka tampilan layar akan otomatis mendekat. Dan layar akan menjadi seperti layaknya kaca pembesar yang memperbesar semua tampilan yang ada dilayar di posisi manapun. Dan untuk keluar dari menu tampilan zoom ini cukup klik layar tiga kali bertutur-turut. Untuk mengaktifkan fitur ini cuku masuk ke manu Settings > Accessibility > Vision > Touch Zoom Atau bisa juga Settings > Accessibility > Magnification Gestures.

Melakukan Pencarian Tanpa menyentuh Layar Android

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Fitur OK Google ini sangat dahsyat, fitur ini mampu diaktifkan hanya dengan suara saja. OK Google Everywhere bahkan lebih baik karena smartphone kita dapat merespon suara kita dari tampilan aplikasi apapun di Android dan bahkan ketika smartphone dalam kondisi off sekalipun.

Sekali menggunakan fitur ini maka kalian tidak akan bisa berhenti menggunakannya. Untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangat mudah cukup masuk ke menu Google Settings > Search and Now > Voice > OK Google Detection and enable From Any Screen.

Membuat Android Membacakan sesuatu Untuk Kita

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Text-to-Speech menjadi fitur lain yang tersedia dalam Android dan jarang digunakan oleh penggunannya. Tools ini menrupakan fitur lain tanpa sentuhan pada Android yang lebih mudah, Text-to-Speech (TTS) ini akan membacakan teks dalam smartphone untuk kita dengarkan. Cara pengaturan TTS ini cukup mudah masuk ke menu Settings > Accessibility > Text-to-Speech Output dan pastikan kalian menginstal paket bahasa yang dibutuhkan, mauk juga ke menu setting untuk auto update bahasa yang digunakannya.

Menggunakan Akses internet Orang lain

9 Fitur Android yang Patut Dicoba
Banyak pengguna Android yang masih belum bisa mengaktifkan fungsi hostspot WiFi pada Androidnya. Bahkan jika kalian tidak berniat untuk membagikan koneksi internet yang dimiliki dalam smartphone Android, tetap harus paham bagaimana caranya menjadikan smartphone Android yang kita miliki sebagai sebuah hotspot WiFi, untuk mengaktifkan punya teman agar bisa kita akses. Caranya sangat mudah masuk ke menu Settings > More > Tethering and Portable Hotspot and flip the switch. Atur user name dan password sesuai keinginan kita.

Berganti smartphone Android sengan mudah

Tap & Go merupakan fitur yang sangat bermanfaat jika kalian termasuk orang yang serign gonta-ganti smartphone Android. Fitur Tap & Go ini merupakan sebuah tool migrasi sistem Android menggunakan koneksi NFC, cukup dekatkan dua buah smartphone Android yang memiliki koneksi NFC lalu kemudian Tap & go akan mendeteksi dan melakukan sinkronisasi dengan mudah.

Itulah yang dapat Anda coba jika saat ini Anda baru menggunakan smartphone berbasis Android. Begitu juga bagi Anda yang sudah cukup lama menggunakan smartphone Android, karena tidak semua pengguna Android sudah pernah mencoba fitur-fitur Android tersebut. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar