Cara Merawat Layar Smartphone

loading...
Layar merupakan bagian perwajahan dari sebuah perangkat smartphone. Darinya, kita dapat melihat tampilan yang tersaji. Jika layar smartphone dalam keadaan baik, maka kita semakin puas saat melihat tampilan. Tetapi jika layar smartphone kita penuh goresan, retak atau hanya sekedar kotor, kenyamanan melihat tampilan smartphone semakin berkurang. Oleh sebab itu, banyak pengguna smartphone yang berusaha menjaga layarnya dari goresan sedikitpun. Bahkan saat membeli smartphone tersebut, mereka memilih smartphone yang telah dibekali dukungan kaca Gorilla Glass. 
Cara Merawat Layar Smartphone
Hampir semua jajaran ponsel saat ini dibekali dengan layar sentuh. Meski terlindung dengan kaca Gorilla Glass sekalipun, pengguna tetap harus menjaganya agar tetap terjaga performanya.

Sebagaimana dikutip dari website Detik Inet, berikut tips cara menjaga layar sentuh ponsel. Meski diperuntukkan bagi ponsel besutan Xiaomi, tips ini dapat pula dipraktekkan untuk ponsel lain yang punya layar sentuh.

1. Selain jari, jangan gunakan benda lain untuk navigasi di atas layar ponsel. Para vendor merancang layar ponselnya agar optimal digunakan oleh jari dan bukan benda lain. Kecuali bagi smartphone yang memang didesain khusus dapat difungsikan dengan menggunakan stylus. 

2. Rajin membersihkan. Gunakan kain microfiber yang memiliki bahan lembut karena ideal untuk membersihkan dan merawat permukaan layar. 

Boleh menggunakan kain yang lembab, tapi harus berhati-hati jangan sampai air masuk ke dalam perangkat. Untuk membersihkanya sendiri, lakukan seperti membersihkan lensa kacamata. Lakukan pembersihan layar tersebut secara berkala. 

3. Gunakan flipcover. Ini bisa menjadi salah satu cara mudah agar menghindari perangkat terkena goresan, tumpahan cairan, panas matahari, debu dan lain-lain. Dengan menggunakan flipcover bahkan bukan hanya layar saja yang terlindungi tetapi juga bagian back cover pun terlindung dari goresan. Kita tidak dapat memastikan smartphone kita akan terjaga dan tidak akan terjatuh. Untuk itu lebih baik kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan flipcover. 

4. Pakai screen protector. Meski smartphone Anda telah dibekali dukungan perlindungan dari kaca Gorilla Glass namun tidak ada salahnya menggunakan lapisan tambahan. Gunanya untuk melindungi layar saat tidak sengaja jatuh atau terkena goresan saat disimpan dalam tas. Perlu diketahui bahwa Gorilla Glass dapat tergores oleh goresan-goresan halus dari pasir. 

5. Hindari paparan langsung sinar matahari. Memang sinar matahari tidak akan langsung merusak ponsel. Tapi bila terlalu sering terkena paparan sinar matahari, lama kelamaaan berpotensi merusak panel. 

6. Aktifkan fitur screen time out. Dengan begitu, ketika ponsel tidak digunakan, layar akan mati. Maka perangkat dapat beristirahat sejenak yang akan memanjangkan umur ponsel.

7. Berhati-hatilah saat mengoneksikan ponsel dengan perangkat elektronik lainnya. Pasalahnya tegangan ataupun arus listrik yang tidak stabil dapat menyebakan kerusakan pada layar.

8. Meski disimpan dalam kantong atau tas, belum tentu membuat ponsel aman. Pastikan menyimpanannya di tempat yang aman. Misalnya saat berpergian, letakkan pada bagian tas yang mudah dijangkau dan terhindar dari benturan benda-benda keras di dalamnya. Jangan gabungkan smartphone Anda dengan uang logam atau kunci jika Anda Anda menyimpannya di saku celana atau baju. 

Kurang lebih seperti itulah cara kita merawat layar smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membuat layar smartphone Anda semakin terawat. Berikan perlindungan maksimal kepada layar smartphone Anda agar Anda tetap nyaman saat melihat tampilan pada layar. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar