Tips Memilih Notebook Untuk Kuliah

loading...
Tahun ajaran baru akan segera datang. Saat dimana mulai masuk sekolah dan saat dimana lulusan SMA mulai pertama kali belajar sebagai mahasiswa di Universitas. Tentunya untuk menyambut datangnya saat itu, kita harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari alat tulis hingga notebook. Pasalnya, di era teknologi seperti sekarang ini, notebook telah menjadi hal penting bagi mahasiswa karena mereka dituntut untuk mampu belajar juga menggunakan notebook dan belajar melalui internet untuk menunjang kegiatan belajar mereka di ruang kuliah. Notebook dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah di rumah atau mencari referensi tambahan melalui internet. 

Bulan Agustus-September merupakan waktu penerimaan mahasiswa baru yang sekaligus mengawali tahun perkuliahan baru. Bagi mahasiswa baru, komputer tentu telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menunjang kegiatan perkuliahannya, apalagi saat ini banyak sekali tugas dan sistem perkuliahan yang menuntut mahasiswanya untuk memiliki dan dapat menggunakan komputer.

Pertanyaannya, komputer apa yang cocok untuk dijadikan pendamping kegiatan berkuliah? Notebook biasanya dijadikan pilihan oleh sebagian besar mahasiswa baru. Dalam kasus ini, kami pun memang merekomendasikan notebook karena sifatnya yang portabel sehingga lebih mudah dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Untuk memilih notebook yang tepat, berikut adalah beberapa tipsnya yang dikutip dari MetroNews.com:

1. Pilih notebook yang ringkas

Percaya atau tidak, desain notebook akan berpengaruh sebagai penunjang kegiatan kuliah Anda. Sebaiknya pilih notebook dengan desain yang ringkas agar Anda dapat membawa notebook tersebut di setiap sesi perkuliahan dengan nyaman. Anda juga dapat memilih notebook dengan desain yang menarik, seperti memiliki bodi berwarna cerah untuk menarik perhatian saat melakukan presentasi di kelas.

2. Pilih notebook dengan spesifikasi sesuai kebutuhan

Spesifikasi notebook adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kebutuhan setiap mahasiswa yang berbeda yang biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan perkuliahannya. Bagi mahsiswa desain atau teknik, kami sarankan untuk memilih notebook yang memiliki spesifikasi agak tinggi karena perkuliahannya banyak memakai software analisis dan grafis yang membutuhkan performa yang cukup tinggi. Sementara untuk mahasiswa lainnya cukup memilih notebook dengan spesifikasi yang pas untuk membuka aplikasi Office dan browsing.

3. Pilih notebook dengan sistem operasi pre-installed

Banyak notebook di pasar yang hadir tanpa sistem operasi, sehingga Anda harus meng-install sistem operasi sendiri. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan hal tersebut, sebaiknya Anda memilih notebook yang telah terisi sistem operasi di dalamnya. Perlu diwaspadai bahwa banyak toko yang menawarkan "jasa install Windows" kepada para pelanggannya. Sebaiknya Anda hindari hal tersebut karena biasanya mereka akan meng-install sistem operasi bajakan. Selain melanggar hukum, menggunakan sistem operasi bajakan akan membuat notebook Anda mudah terinfeksi virus dan malware.

4. Pilih notebook dengan layanan purnajual yang baik

Layanan purnajual kadang menjadi hal yang terlupakan ketika membeli sebuah notebook. Untuk memastikan notebook dapat terus menunjang kegiatan perkuliahan Anda, sebaiknya Anda memilih notebook dengan layanan purnajual yang baik. Caranya mudah, cukup perhatikan waktu garansi yang diberikan. Sebaiknya Anda memilih garansi dengan jangka waktu tiga atau dua tahun.

Selain tips diatas, ada tips tambahan yang bisa kamu ikuti. Dengan sistem kurikulum perkuliahan saat ini, dosen akan sering memberikan banyak tugas kepada mahasiswanya agar mereka belajar di rumah. Oleh sebab itu, pastikan notebook yang kamu beli memiliki hard disk yang cukup besar untuk menyimpan file-file.

Di samping itu, notebook yang telah didukung aplikasi Office 365 lebih baik dipilih lantaran dapat memenuhi kebutuhanmu sebagai mahasiswa dalam mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen. 

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar notebook yang kamu beli benar-benar memenuhi kebutuhanmu dan sesuai dengan budget yang kamu milih. Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat kamu. Selamat mencobanya. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar