Tips Menghemat Baterai Smartphone Selama Mudik

loading...
Bulan Ramadhan terus berjalan mendekati Hari Raya Idul Fitri. Menyambut hari kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa ini, masyarakat Indonesia biasa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Mudik telah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia yang membedakan masyarakat muslim Indonesia dengan masyarakat muslim di negara lain. Jalanan semakin penuh dan dipadati kendaraan umum dan pribadi. Tiket pesawat, kereta api, dan kapal pasti ludes terjual selama musim mudik berlangsung. Namun, ada yang membedakan antara kegiatan mudik zaman dahulu dengan zaman era digital seperti sekarang ini. 

Masa sekarang, selama perjalanan mudik, orang-orang sering bermedia sosial atau sekadar melihat peta digital. Seluruh kegiatan di dunia maya tentunya membutuhkan perangkat untuk mengakses internet. Sudah bukan rahasia bahwa tidak smartphone memiliki daya tahan baterai yang besar dan bertahan lama. Lalu bagaimana cara mengakalinya?
Tips Menghemat Baterai Smartphone Selama Mudik
Berikut ini 10 tips yang dapat membantu Anda untuk membuat baterai bertahan lebih lama ketika berada dalam perjalanan ke kampong halaman seperti dilansir dari Techno Okezone

Redupkan Brightness

Siapa yang tidak menyukai layar penuh warna dan terlihat hidup, namun ponsel Anda perlu bekerja lebih keras untuk menampilkan hal tersebut di layar.

Jika Anda perlu masa hidup baterai yang lebih panjang Anda bisa meredupkan brightness atau menggunakan auto brightness jika smartphone memiliki fitur tersebut. Mode ini hanya mengonsumsi sedikit daya untuk dijalankan di layar.

Kunci Layar

‘Screen Timeout’/ Auto-Lock atau yang biasanya dikenal dengan pengunci layar sebaiknya di-setting secepatnya. Ini memungkinkan layar menyimpan banyak daya karena layar tidak berada dalam mode siaga dalam waktu lama.

Dalam perangkat Android, Anda bisa menyetel minimal 15 detik. Sementara itu, pengguna iOS harus lebih bersabar karena smartphone baru akan terkunci otomatis dalam satu menit.

Bluetooth

Tak perlu seberapa senangnya Anda mendengarkan musik melalui handset yang terhubung via bluetooth, Anda perlu mempertimbangkan untuk memakai cara lain mendengarkan musik jika ingin menghemat pemakai baterai.

Wifi

Sama dengan bluetooth, pemakaian Wifi bisa menguras baterai. Ketika Anda berada di kantor yang terselimuti Wifi tak ada salahnya menyalakan Wifi. Namun, ketika berada di luar rumah atau kantor, tidak ada gunanya menyalakan Wifi.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa penggunaan Wifi di iOS bisa lebih menghemat baterai selain membantu menemukan lokasi yang akurat. Lebih baik matikan data plan ketika berada di dalam kantor apalagi jika sinyal di dalam gedung sangat buruk untuk menghindari smartphone mencari sinyal terus menerus dan menguras baterai.

GPS

Fitur lain yang sangat menguras baterai adalah GPS. Anda dapat membatasi penggunaan fitur ini dengan mudah di app drawer. Matikan jika layanan pencarian lokasi sedang tidak dibutuhkan.

Di iOS, Anda bisa memilih hanya beberapa aplikasi saja untuk dapat mengakses fitur ini. Namun, untuk lebih menghemat, mematikan GPS ketika tidak digunakan paling disarankan.

Aplikasi Berjalan di Background

Multitasking atau kemampuan menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu adalah kemampuan kuat smartphone. Namun, kemampuan tersebut mitosnya juga menyedot banyak daya baterai.

Beberapa aplikasi, seperti Facebook, sempat mengakui bahwa mereka menyedot banyak daya. Facebook telah mengerjakan perbaikan tersebut agar tidak berat dijalankan prosesor.

Kendati demikian, hal serupa tidak berlaku untuk perangkat iOS. Aplikasi yang berjalan di background handset tidak mempengaruhi kinerja prosesor, menurut Senior Vice President Software Apple Craig Federighi. Ini karena aplikasi akan segera berhenti bekerja begitu pengguna membuka aplikasi baru.

Anti-Getar

Sebagian orang lebih suka menggunakan mode getar daripada memberikan ringtone untuk smartphone. Sayangnya, mode getar juga memerlukan banyak konsumsi daya. Ini karena smartphone perlu merotasi sedikit bebannya untuk menggoncang smartphone.

Notifikasi

Matikan pemberitahuan yang tidak terlalu penting. Ini karena ketika memberikan notifikasi, layar ponsel akan menyalakan LED sehingga mengonsumsi energi.

Push E-mail

Membuat ponsel secara terus menerus mengecek e-mail juga bisa menguras tenaga. Setting ponsel Anda untuk mengecek e-mail misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali jika Anda sedang dalam mode bersantai dan tak perlu menjawab e-mail secepatnya.

Mode Hemat Energi

Sejumlah smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan mode penyimpanan energi. Mode ini bisa dipakai tidak hanya ketika daya smartphone dalam keadaan kritis.

Menyalakan mode ini akan membuat smartphone Anda berjalan lebih praktis dan otomatis baterai lebih hemat. Mode ini memungkinkan aplikasi tidak memperbarui diri sendiri di background, mematikan vibrasi dan lainnya.

Anda juga bisa menginstal aplikasi penyimpan daya lainnya untuk mengatur konsumsi daya. Aplikasi bisa membantu Anda menambah masa hidup baterai beberapa jam.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone kesayangan Anda selama perjalanan mudik. Jadikan perjalanan mudik Anda semakin menyenangkan dengan menjadikan smartphone sebagai teman mudik. Tidak ada salahnya juga menyiapkan powerbank untuk mengisi daya baterai smartphone ketika sudah kosong. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar