Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil

loading...
Jika saat ini kamu masih menggunakan feature phone, maka kini saatnya kamu berganti menggunakan smartphone. Dengan menggunakan smartphone, banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti komunikasi, update berita terbaru, sharing informasi, hingga jual beli online kini bisa melalui smartphone. Dengan menggunakan smartphone seolah dunia berada dalam genggaman. Hanya saja, kamu memang perlu jeli dalam memilih smartphone yang akan kamu beli. Tak perlu mahal, namun pastikan juga spesifikasi yang dimiliki smartphone tersebut tidak mengecewakan. 

Saat ini, beragam pilihan smartphone Android sudah tersedia di pasar. Jadi, kamu tinggal memilih saja mana yang baik dan sesuai buat kebutuhan kamu. Menilai smartphone Android pada awalnya pasti kamu akan tertuju dengan harga. Ya, banyak yang bilang kalau harga menentukan kualitas. Ternyata, nggak juga kok. Banyak smartphone Android murah yang memiliki kualitas terbaik.

Selain itu, mungkin kamu akan mempertimbangkan soal spesifikasi, kamera, dan juga memori internal yang dimilikinya. Sekarang, smartphone sudah menyediakan memori internal hingga 128 GB. Wow, puas banget bukan? Namun, tidak sedikit juga masih menyajikan memori internal hanya 8 GB. Tentu saja, perbedaan antara smartphone yang mengusung memori internal 8 GB dan 128 GB jelas jauh. Terus, dengan kapasitas sekecil itu, apa yang harus kamu lakukan ya? Tenang, berikut ini akan diberikan tips memaksimalkan memori internal yang kecil di Android.
Untuk memaksimalkan memori internal yang kecil di Android, sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya diwajibkan untuk sedikit lebih peka terhadap smartphone kamu. Jangan semuanya kamu paksakan sampai akhirnya smartphone kamu nge-lag dan crash. Sebab, sudah ada banyak korban yang merasakan hal itu. Baiklah, langsung saja, inilah tips untuk memaksimalkan memori internal yang kecil, seperti dikutip dari JalanTikus


1. Hindari Install Aplikasi dan Game yang Berat

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Google Play Store memang sangat baik terhadap kita. Dia tidak segan-segan untuk memberikan berbagai aplikasi dan games yang bisa kamu install kapan pun dan dimana pun. Namun, seperti dikatakan diatas, kamu harus lebih peka terhadap smartphone kamu. Berhubung memori internal kamu kecil, hindari meng-install aplikasi dan game yang berat. Kenapa? Agar smartphone Android kesayangan kamu tidak gampang nge-lag saat mengoperasikan aplikasi atau games tersebut. Jangan paksa smartphone kamu untuk memainkan Asphalt 8: Airborne, FIFA, Need For Speed, dan game berat lainnya.


2. Kecilkan Resolusi Foto Pada Kamera Smartphone

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Ya, hal yang biasa luput dari para pengguna smartphone Android adalah kamu jarang memeriksa resolusi foto pada smartphone kamu. Setiap megapixel yang digunakan, tentu saja itu mempengaruhi ukuran gambar yang didapatkan. Semakin besar resolusi yang kamu pakai, maka semakin tinggi juga ukuran gambar yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu, kecilkan saja resolusi kamera kamu. Kamera dengan ukuran 3 MP juga sudah cukup memadai untuk kualitas sebuah foto.


3. Turunkan Resolusi Pengambilan Video

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Serupa dengan poin kedua, tips memaksimalkan memori internal yang kecil di Android selanjutnya adalah kamu wajib untuk menurunkan resolusi pengambilan video di kamera smartphone kamu. Sekarang sudah tersaji resolusi besar yang disajikan para vendor untuk pengambilan video. Namun, apa gunanya mengambil video dengan resolusi super besar seperti 4K pada smartphone? Menggunakan resolusi 640 x 480 pixel juga cukup mumpuni kok untuk ukuran smartphone dengan layar 5 atau 6 inci.


4. Nggak Perlu Simpan Musik Terlalu Banyak di Smartphone

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Tips memaksimalkan memori internal yang kecil di Android berikutnya adalah kamu nggak perlu, dan tidak dianjurkan untuk menyimpan file berupa musik terlalu banyak di memori internal. Kenapa? Ya jelas, satu file musik memiliki ukuran yang berbeda, dan itu cukup memakan ruang pada kapasitas penyimpanan internal. Kalau kamu mau mendengarkan musik, kenapa nggak coba layanan Spotify. Jadi, kamu nggak perlu repot menyimpannya di smartphone, serta nggak akan bosan mendengar lagu yang itu-itu saja.


5. Bersihkan Junk File dan Cache Secara Teratur

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Junk file dan cache dapat diibaratkan sebagai sekumpulan antek-antek yang jahat. Sebab, kedua hal ini cukup mengambil kapasitas memori internal yang berharga. Mungkin sebagian besar dari kamu belum menyadari hal ini, namun ketika kamu membersihkan junk file dan cache, maka hal tersebut cukup membuat lega ruang penyimpanan kamu pada smartphone. Maka dari itu, jangan pernah lupa lagi ya guys.


6. Manfaatkan Ruang Penyimpanan Berbasis Cloud

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Di dunia yang sudah serba canggih saat ini, sebenarnya banyak yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur smartphone Android kamu agar tidak kelebihan beban. Salah satu tips memaksimalkan memori internal yang kecil adalah kamu wajib untuk memanfaatkan layanan penyimpanan Cloud seperti Google Photos, Dropbox dan semacamnya. Sehingga, segala macam file tidak kamu paksakan untuk masuk ke dalam memori internal yang sempit. Kamu pun bisa mengakses layanan cloud dimanapun dan kapanpun.


7. Matikan Auto-Download dari Media Pada WhatsApp

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Ya, poin ini cukup penting untuk dilakukan. Pasalnya, dengan merambaknya smartphone di kehidupan manusia, tentu saja akan semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi chatting untuk mempermudah komunikasi, salah satunya adalah WhatsApp. Apalagi, melalui aplikasi WhatsApp, kamu bisa membuat satu grup. Nah, karena adanya grup pasti banyak juga yang mengirimkan berbagai file seperti foto dan video. Makanya, supaya nggak memakan beban, matikan fitur auto-download yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Sehingga, kamu bisa menyortir mana saja yang kamu perlukan atau tidak.


8. Backup Chat dan Media WhatsApp ke Google Drive

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dengan Memori Kecil
Biasanya, saat menggunakan WhatsApp pertama kali, aplikasi ini akan secara otomatis mengatur sistem backup untuk menyimpan chatting dan juga masuknya file ke dalam media WhatsApp. Maka dari itu, **backup percakapan kamu di Google Drive*. Jika kamu sudah melakukan backup ke Google Drive, kamu nggak perlu khawatir jika ada beberapa hal yang kamu hapus dari WhatsApp. Kalau mau mencari lagi, tinggal akses Google Drive, dan data kamu tidak akan hilang.

Itulah sejumlah cara yang dapat kamu lakukan jika saat ini kamu memiliki smartphone dengan memori internal yang kecil. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk kamu sehingga kamu bisa memaksimalkan memori internal yang kecil tersebut. Selamat mencobanya. 
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar