Tips Membeli Laptop Bekas dan Berkualitas

loading...
Sebelum adanya perangkat smartphone dan tablet, laptop menjadi perangkat yang paling banyak dicari. Ada beragam produk laptop dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Desain bodynya pun berbeda, ada yang memiliki body tipis dan ada juga yang berbody tebal. Sejumlah produsen pun berlomba-lomba menyematkan fitur atau teknologi canggih pada perangkat laptop andalannya. 

Semenjak adanya perangkat tablet, peminat laptop sempat mengalami penurunan. Pasalnya banyak perangkat tablet yang dapat difungsikan layaknya perangkat laptop. Tetapi penurunan itu tidak berlangsung lama. Pasalnya, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan di perangkat tablet dan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan laptop. Saat ini juga banyak laptop yang memiliki layar sentuh. Laptop dengan layar sentuh menjadi alternatif bagi konsumen yang tidak ingin menggantikan laptop dengan tablet. 

Perangkat laptop dihadirkan untuk membawa fungsi PC komputer untuk keperluan mobile. Dengan menggunakan laptop, kita bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan di PC komputer, dimana saja dan kapan saja. Laptop bisa dibilang sudah hampir menggantikan fungsi komputer dalam kegiatan sehari-hari saat ini. Memang, komputer masih cukup banyak digunakan untuk pekerjaan di kantor ataupun kegiatan gaming di rumah dan warnet, namun laptop menawarkan mobilitas tinggi dengan spesifikasi nyaris mendekati komputer.
Tips Membeli Laptop Bekas dan Berkualitas
Makin tinggi spesifikasi sebuah laptop, makin mahal pula harganya. Karena itu, salah satu jalan terhemat untuk memiliki laptop berspesifikasi tinggi adalah membeli laptop bekas. Nah, supaya kamu bisa mendapat laptop bekas murah namun masih berkualitas baik, ikuti beberapa tips berikut ini, sebagaimana dikutip dari Tekno Liputan6

1. Beli dari teman tepercaya

Sebelum masuk ke forum jual beli daring, kamu bisa mulai dari teman-teman sendiri dulu. Barangkali di antara mereka ada yang memang mau menjual laptop dengan harga miring dan kualitasnya masih baik. Kalau teman kamu apik, kemungkinan kamu mendapatkan laptop yang masih oke makin besar.

2. Gunakan sistem COD


Sistem pembayaran di tempat atau lebih dikenal dengan COD (Cash On Delivery) merupakan cara terbaik dalam bertransaksi barang bekas. Kamu harus bertemu langsung dengan penjualnya untuk mengetahui karakteristik si penjual (apik atau tidak) sekaligus mencoba langsung performa laptop tersebut.

3. Periksa kisaran harga pasar


Kalau kamu mengetahui harga pasar dari laptop baru, kamu bisa menjadikannya sebagai basis untuk bernegosiasi dengan penjual. Kemudian, kamu juga bisa mengecek harga berbagai laptop bekas yang dijual di forum jual beli daring barang bekas. Dengan begini, kamu bisa mendapat ancang-ancang berapa harga yang pantas untuk laptop bekas yang kamu bidik.

4. Cari laptop dengan masa pakai di bawah 1 tahun


Makin lama masa pakai, makin murah pula harga laptop tersebut. Namun, laptop yang masa pakainya sudah terlalu lama berpotensi pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu. 

Selain itu, masa pakai di bawah 1 tahun biasanya masih dilindungi oleh garansi. Hal ini membuat laptop tersebut masih cukup terjamin dalam hal kualitas.

5. Periksa kesesuaian spesifikasi laptop


Saat mengutak-atik laptop bekas, pastikan kamu memeriksa apakah spesifikasinya sesuai dengan yang disebutkan penjual. Kamu bisa melihat ini di bagian Setting, atau buka command run (tekan tombol Start + R di keyboard), ketik ‘dxdiag’, lalu tekan enter.

6. Periksa kondisi hardware


Langkah terakhir, pastikan kondisi hardware masih dalam kondisi baik atau sesuai dengan yang dijelaskan penjual. Sebagai contoh, untuk memerika harddisk, kamu bisa melakukan copy-paste sejumlah file di antara folder atau drive. Jika sangat lambat, kemungkinan harddisk bermasalah. 

Periksa juga seluruh tombol keyboard dan mousepad apakah masih berfungsi dengan baik, karena bila ada kerusakan, akan sulit diganti. Pastikan juga layar, WiFi, port untuk USB, fan, webcam, dan sebagainya, masih berfungsi dengan benar. Jangan lupa cek layar, baterai dan charger juga. 

Anda perlu melihat performa baterainya saat kondisi laptop sedang hidup. Anda bisa mengulur-ulur waktu ketika mencoba laptop tersebut, untuk bisa mengetahui penurunan persentase baterainya. 

Kondisi layar juga terkadang bisa menipu pembeli jika pembeli kurang jeli dalam memeriksanya. Cara untuk memastikan kondisi layar pada laptop dalam keadaan baik yakni dengan mengganti warna pada background dekstop menjadi hitam dan putih, untuk mengetahui apa ada dead pixel atau cacat. 

Jika kamu ingin membeli laptop baru dengan harga terjangkau, gunakan kartu kredit. Kamu bisa memanfaatkan berbagai promosi seperti diskon dan cicilan 0 persen untuk mempermudah kamu memperolehnya. Gunakan situs perbandingan produk populer seperti Halo Money untuk melakukannya.

Selain tips di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda cek sebelum memutuskan untuk membeli perangkat laptop. Anda perlu mengecek apakah laptop bekas yang hendak Anda beli itu masih memiliki garansi. Laptop bekas yang masih mempunyai masa garansi patut mendapatkan nilai lebih untuk kita beli. Dengan adanya garansi yang masih berlaku, akan memudahkan dan menguntungkan kita jika dikemudian hari terdapat masalah atau kerusakan pada laptop tersebut. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Anda akan membeli laptop bekas dan berkualitas. Anda perlu teliti dan cermat sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan sampai Anda tertipu dan kecewa. Selamat mencobanya. 

loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar