Contoh Surat Resign Kerja

loading...
Dalam dunia kerja, baik perusahaan maupun karyawan tentunya dituntut untuk senantiasa saling menjunjung tinggi nilai profesionalitas. Pun begitu bagi karyawan yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan, ia terlebih dulu harus membuat surat resign sebagai bentuk dari sikap profesionalitas sekaligus menjaga etika dalam dunia kerja.

Menulis surat resign atau surat pengunduran diri merupakan perkara mudah. Namun, surat resign kerja ini harus dilayangkan pada momen yang tepat, yakni beberapa bulan atau setidaknya satu bulan dari tanggal non aktif kerja. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang cukup kepada perusahaan agar dapat menemukan pengganti karyawan yang memutuskan mengundurkan diri.

Format surat resign karyawan sangatlah sederhana. Tidak ada standar khusus dalam penulisan surat pengunduran diri untuk karyawan ini. Namun demikian, salah satu poin terpenting yang harus digarisbawahi adalah alasan pengunduran diri serta bahasa yang Anda gunakan harus terkesan santun dan tidak menampakkan kesan yang sifatnya negatif. Anda juga perlu menyampaikan rasa terima kasih Anda kepada perusahaan tersebut yang sudah memberikan kesempatan untuk Anda berkarir selama ini.

Contoh Surat Resign Kerja Untuk Karyawan


Untuk Anda yang saat ini sedang mencari referensi surat pengunduran diri yang baik dan sopan, silakan simak beberapa contohnya yang telah kami rangkum sebagaiman terpaparkan dibawah ini.

Surabaya, 03 Agustus 2017


Kepada
Yth. Pimpinan PT.  Genta Abadi Jaya
di-Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Tini Ratnasari
Alamat: Jln. Persatuan raya Surabaya Sejuk Alami no. 13 Surabaya
Jabatan: Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 05 Agustus 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support


Hormat saya,

ttd Anda

Tini Ratnasari


Contoh Surat Resign di Hotel



Semarang, 04 Agustus 2017



Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Semarang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Indah Ilyana
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

tanda t angan

Indah Ilyana


Contoh Surat Resign Kerja Resmi



Bandung, 18 Agustus 2017



Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Bandung
Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Andra Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: A234 8944

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Andra Putra

Itulah beberapa contoh surat resign kerja untuk Anda para karyawan yang sudah bulat keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat sekarang Anda bekerja. Semoga referensi ini berguna bagi Anda.
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar