Download Contoh Proposal Kerjasama (Power Point)

loading...
Proposal Kerjasama adalah sebuah berkas yang berisi pengajuan untuk menjalin kerjasama tertentu antara pihak pemohon dan pihak yang dituju. Dengan adanya Proposal Kerjasama ini kedua belah pihak sangat dimungkinkan untuk menjalink kerjasama tertentu yang dapat memberikan profit atau benefit terhadap masing-masing pihak.

Pada umumnya proposal ini digunakan sebagai pembuka sebuah kerjasama, yang mana digunakan untuk memberikan gambaran secara luas mengenai profil sang pengaju. Setelah ada ketertarikan, kemudian biasanya dilanjutkan dengan sesi audiensi atau pertemuan antara ke dua belah pihak untuk membahas kerjasama tersebut lebih lanjut.

Pada audiensi tersebutlah kemudian didiskusikan secara lebih luas mengenai format kerjasama yang kemudian akan di hasilkan sebuah kesepakatan yang tentunya saling menguntungkan satu sama lain.

Format Proposal Kerjasama


Berikut ini adalah format Proposal Kerjasama :

1. Surat Pengantar Proposal
Karena sifatnya yang cenderung formal, surat pengantar biasanya disertakan dalam proposal ini. Hal ini dilakukan guna mempertegas bahwa proposal tersebut memang resmi di buat oleh sang pengaju. Selain itu disurat juga dijelaskan mengenai perihal proposal tersebut, apakah ingin mengajukan dana, menjalin kerjasama, atau hanya sekedar meminta kesempatan untuk melakukan audiensi.

2. Profil Perusahaan (Lengkap)
Sesuai dengan sifat proposal, yaitu pengajuan sesuatu, tentu kalian juga harus menjelaskan secara detail mengenai profil perusahaan kalian, mulai dari yang bersifat umum hingga kelebihan dari perusahaan atau proyek kalian.

Informasi ini sangat lah diperlukan guna memberikan dasar pengetahuan kepada pembaca mengenai produk kerjasama tersebut. Usahakan untuk membuatnya singkat, padat, jelas, dan menarik tentunya agar pembaca tertarik untuk membahas secara lebih lanjut proposal kalian.

3. Kerjasama Yang Ditawarkan
Sesudah memiliki posisi tawar yang cukup dengan menyampaikan keunggulan kalian, tahap selanjutnya ialah menawarkan bentuk kerjasama yang kalian inginkan. Point ini bisa berbeda-beda disetiap proposal, tergantung dengan klien yang akan kalian sasar.

Mungkin kalian sering menemukan contoh proposal kerjasama yang mencantumkan paket paket penawaran kerjasama, format seperti itu boleh saja kalian gunakan. Namun berdasarkan pengalaman admin yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia proposal, format seperti itu kurang efektif dan hanya membuang – buang kertas saja.

Jika menggunakan format opsi pemilihan sepert itu, biasanya perusahaan tidak bisa memenuhi semua opsi tawaran yang kalian ajukan, hanya sebagian atau bahkan perusahaan tidak bisa memberikan sesuai dengan apa yang kalian minta. Oleh karea itu diperlukan format yang tidak kaku dan sesuai kebutuhan kalian dalam kerjasama tersebut.

Dari pada menawakan paket seperti itu, akan lebih baik disesuaikan dengan perusahaan apa yang kalian tawarkan dan porsi kerjasama seperti apa yang kalian inginkan.

4. Keuntungan Bagi Penerima Proposal
Point ini merupakan point terpenting yang harus kalian sampaikan didalam sebuah proposal. Kalian harus mencantumkan apa yang client dapatkan dengan berkerjasama dengan kalian. Semakin banyak keuntungan dan manfaat yang kalian tawarkan, maka akan semakin mempemudah kalian untuk mendapatkan kesepakatan kerjasama.

Contoh Proposal Kerjasama


Setelah mengetahui dasar dasar dari proposal kerjasama, berikutnya kita akan membahas contoh proposal kerjasama agar pengetahuan kalian dapat lebih menyeluruh.

Untuk membantu Anda dapat menyusun sebuah proposal kerjasama yang bagus dan tentunya memenuhi kriteria proposal kerjasama yang sesungguhnya, silakan download contoh proposal kerjasama melalui link ini.

Dokumen contoh proposal kerjasama tersebut dibuat dalam bentuk Power Point sehingga akan sangat berguna bagi Anda. Anda hanya perlu mengeditnya untuk kemudian di sesuaikan dengan keperluan Anda.

Akhir Kata


Demikianlah referensi proposal kerjasama yang diharapkan dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada Anda terkait cara membuat proposal kerjasama yang baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku.
loading...
loading...

0 comments

Posting Komentar