Memberi Password Dokumen Word

Document berekstensi word merupakan salah satu jenis file/dokumen yang sering kita buat dalam keseharian kita. Ketika jari kita berada diatas keyboard tidak jarang kita akan menyisakan banyak waktu untuk berinteraksi dengan Microsoft Word, entah itu membuat surat, menyusun makalah, membuat artikel, atau pun atas keperluan-keperluan lainnya.

Cara memberi password Word

Setiap dokumen word yang kita buat melalui Microsoft Word dapat kita proteksi dengan cara memasukkan sebuah password. Jika pada posting sebelumnya sudah dibahas mengenahi cara membuat password Windows, kali ini kita akan berbagi cara bagaimana melindungi dokumen word dengan cara menyisipkan password.

Cara Memberikan Kata Sandi Untuk Dokumen Word
  • Pada jendela editor word Klik Save
  • Pada jendela penyimpanan klik Tools
  • Pilih General Options, selanjutnya akan keluar kolom pengisian password.
  • Isikan password anda
  • Klik OK
Memberikan kata sandi terhadap dokumen word cukup penting guna dapat melindungi dokumen tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan. Proteksi dokumen menjadi cukup penting apabila komputer yang anda gunakan juga dipakai oleh user lain. Dengan sengaja atau tidak sengaja kemungkinan dokumen anda akan dibaca oleh user lain mengingat masing-masing menggunakan komputer yang sama. 

Contoh Surat Pengantar Proposal

Proposal bantuan dana dibuat dalam bentuk tertulis untuk disampaikan kepada pihak yang akan dimintai bantuan, baik itu perusahaan maupun individual. Surat proposal bantuan dana biasanya terdiri dari beberapa lembar dan disertai dengan surat pengantar.

Proposal bantuan dana merupakan surat formal dimana cara penyusunannya harus lengkap dan harus ada penanggung jawab yang jelas. Surat proposal bantuan dana biasanya diketahui oleh pemerintah Desa setempat  beserta tanda tangan yang bersangkutan. Namun, kembali pada jenis proposal itu sendiri, dibuat oleh siapa, dan ditujukan untuk siapa.

Artikel ini kita akan berbagi contoh surat pengantar untuk proposal bantuan dana. Contoh isi proposalnya menyusul kemudian.


Kop surat organisasi Anda
……………………………………………

Nomor : 08/P.EP/VII/2016
Lampiran : 1 (Satu) Bandel Proposal
Hal : Surat Permohonan Bantuan Dana


Kepada Yth,
Ibu Anisa Bahari
Di-tempat


Salam sejahtera

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa. Semoga kita senantiasa dalam lindungan –Nya serta diberikan kemurahan rizki.

Sehubungan dengan akan diadakannya even perlombaan di Desa Cengkareng -  Lambangan - Magetan, maka dengan ini kami atas nama panitia dan pemerintah Desa bermaksud untuk meminta bantuan dana kepada Ibu.

Dana tersebut akan kami alokasikan untuk operasional selama berlangsungnya even perlombaan hingga selesai.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami buat. Atas perhatian, partisipasi serta kesediaannya untuk memberikan bantuan kami sampaikan banyak terimakasih.


Cengkareng, 8 Agustus 2016

Hormat kami

Panitia,

Ketua                                                                      Skretaris



Dani Firmansyah                                             Luluk Lavinia

Mengetahui,
Kepala Desa Cengkareng



Zaini Zulfi, Spd.

Contoh Surat Teguran (SP1)

Surat teguran dalam lingkup kerja juga dikenal dengan nama surat peringatan. Surat peringatan dibuat guna memberikan peringatan terhadap seorang karyawan yang dianggap bertindak diluar komitmennya sebagai karyawan. Contoh, bersikap indisipliner, melanggar tata tertib perusahaan dan lain sebagainya.

Setiap karyawan yang terbukti melakukan tindakan menyalahi aturan, baik itu sikap indisipliner, melangar tata tertib maupun aturan-aturan perusahaan lainnya biasanya terlebih dahulu akan diperingatkan secara lisan. Dan apabila yang bersangkutan tidak kunjung memperbaiki sikap atau terus melakukan bentuk pelanggaran, maka pihak perusahaan dapat memberikan teguran dalam bentuk tertulis yang disebut dengan surat peringatan (SP).

Surat peringatan sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada SP 1, SP 2 dan SP 3 atau biasa disebut dengan surat peringatan terakhir. Tidak ada SP 4 karena jika SP 3 dilanggar, maka karyawan yang bermasalah akan dikeluarkan/pemutusan hubungan kerja.

Artikel berkaitan lainnya; contoh surat pengalaman kerja, contoh surat keberatan. Berikut format surat peringatan pertama


[Kop Perusahaan]
...........................................................................................

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
Nomor: III/SPI-PT.MC/VI/20016


Dibuat oleh perusahaan, dalam hal ini ditujukan kepada:

Nama : Deni Wahyudi
Jabatan : Operator produksi

Sehubungan dengan sikap indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara lakukan, maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Surat peringatan pertama berlaku untuk 1 (satu) bulan kedepan sejak diterbitkan.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak tanggal penerbitan surat peringatan pertama saudara tidak melakukan tindak pelanggaran yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama saudara dinyatakan sudah tidak berlaku.
  3. Jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan sejak surat peringatan pertama diterbitkan saudara didapati kembali melakukan tindakan pelanggaran, maka perusahaan akan memberikan surat peringatan ke-2 untuk saudara.
  4. Selama masa surat peringatan masih berlaku, atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah penerbitan saudara tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas perusahaan, berupa:


  • Kendaraan iventoris 
  • Computer/laptop


Demikian surat peringatan pertama ini dibuat agar dapat diperhatikan dan ditaati sebaik mungkin oleh yang bersangkutan.

Jakarta, 20 Juni 2016
PT. MURNI CAHYA
                                                                 Mengetahui, 



Dickey Chandra                                Yoga Pratama
Staff Administrasi                           Manager

Contoh Surat Pengalaman Kerja (Certificate of Imployment)

Surat pengalaman kerja sangat diperlukan guna memberikan nilai tambah terhadap cv yang kita kirim ke perusahaan tertentu. SK pengalaman kerja dapat membantu kita untuk bisa lebih meyakinkan pihak kabag personalia bahwasannya kita adalah seorang pelamar yang sudah berbekal background pengalaman. Ini sangat penting, karena sebagian perusahaan hanya tertarik pada kandidat yang sudah pernah terjun ke lapangan.

Apabila anda mempunyai surat pengalaman kerja, maka sejatinya anda memiliki modal yang lebih baik untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, terutama jika anda melamar diperusahaan yang tidak jauh berbeda dengan perusahaan anda sebelumnya. Kuncinya, anda harus bisa memberikan jawaban yang tepat pada saat anda menjalani sesi wawancara atau interview. Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan kepada anda dengan tenang, tidak terkesan arogan karena sudah memiliki pengalaman kerja, dan tunjukkan bahwa anda adalah calon karyawan yang qualified.

Buat anda yang mungkin sedang membutuhkan contoh format surat pengalaman kerja (certificate of employment) sebagai bahan educational, berikut contohnya.

[Kop perusahaan]
…………………………………………………………………………………………

(CERTIFICATE OF EMPLOYMENT)
SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor: PT.CTC-SPK/VII/V/2013


Dengan ini menerangkan
This is to certify that

Nama / Name : AHMAD SAUJANI
Jenis Kelamin / Gander  : Pria / Male
Tempat/Tgl. Lahir / Date, Place of Birth : Surakarta, 12 September 1981


Beginning Classification
Jabatan awal

Akuntan / Accountant

Last Classification
Jabatan terakhir

Akuntan / Accountant

Period of Service
Masa kerja

13 November, 2002 – 20 January 2008

Reason for Leaving
Alasan berhenti kerja

Resign / Berhenti

Remark
Keterangan  

Surakarta, Mei 2008
PT. CTC



Sari Lutvia
Personal Officer

Setelah anda memutuskan berhenti kerja dari perusahaan dengan membuat surat pengunduran diri, selanjutnya jangan lupa untuk meminta surat pengalaman kerja untuk anda gunakan pada saat  anda akan melamar kerja diperusahaan lain.

Contoh Surat Keberatan

Surat keberatan diterbitkan dalam upaya merespon suatu keputusan yang dianggap merugikan atau tidak sejalan dengan opini sipembuat surat keberatan tersebut. Surat keberatan dapat dibuat mengatasnamakan individual, organisasi, perusahaan, kelompok atau komunitas.

Surat keberatan merupakan sebuah sikap penolakan atau keberatan dalam bentuk tertuils. Surat keberatan dapat menjadi solusi dibalik wujudnya sebuah ketidaksepahaman antara si A dan si B. Surat keberatan merupakan salah satu jenis surat yang bersifat formal.

Berikut format penulisan surat keberatan


SURAT KEBERATAN
Nomor : PT. JR-SKB/I/VII/2013


Magelang, 16 Juli 2013


Kepada:

PT. KULTI JAYA
Jln. Kalibrata No. 44 Magelang
Telp : ___________
Fax : ____________


Hal: Surat Keberatan


Dengan hormat,
Sehubungan dengan keputusan pemutusan kerjasama bisnis antara PT. JAYA RAYA dengan PT. KULTI JAYA yang dalam hal ini dilakukan oleh pihak PT. KULTI JAYA per 12 Juli 2013, maka dengan ini kami dari PT. JAYA RAYA menyatakan keberatan terhadap keputusan tersebut.

Sehubungan dengan surat keberatan yang kami buat, maka kami berharapa PT. KULTI JAYA berkenan untuk meninjau kembali keputusan pemutusan kerjasama bisnis tersebut.

Kami akan menunggu surat konfirmasi dari pihak PT. KULTI JAYA terkait dengan pernyataan kebaratan yang kami buat.

Demikian surat keberatan ini kami buat agar dapat diperhatikan dan dilakukan peninjauan ulang. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.


Hormat kami,
PT. JAYA RAYA



Zulham Des
Pimpinan

Artikel contoh surat lainnya yang mungkin sedang anda butuhkan; surat lamaran kerjacontoh surat pengunduran dirisurat undangan acara. Demikian artikel contoh surat keberatan, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda.

Contoh Surat Undangan Acara

Surat undangan acara. Terdapat beberapa jenis surat undangan. Ada yang formal, dan ada juga yang informal. Surat undangan acara tidak lain adalah sebuah bentuk surat pemberitahuan kepada seseorang atau suatu kelompok untuk diminta hadir pada kegiatan tertentu.

Beberapa  contoh undangan acara diantaranya, undangan untuk pelaksanaan party, undangan kegiatan keorganisasian, undangan syukuran dan masih banyak lagi. Contoh surat undangan diantaranya adalah sebagaimana yang tertulis dibawah ini.

FORMAT SURAT UNDANGAN


Kepada Yth,

Anggota Aktivis Pecinta Alam Universitas Wulawarman Samarinda (APAUMS) 

Di-Tempat


Hal : Undangan Hadir


Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya dan selalu diberikan keberkahan.

Sehubungan dengan akan diadakannya musyawarah anggota, maka dengan ini kami mengharapkan kehadiran seluruh anggota APA pada:


Hari :
Tanggal :
Jam :
Tempat :
Keperluan : 


Demikian undangan ini dibuat. Terimakasih atas kebersediaannya untuk hadir pada waktu yang telah disebutkan. 

Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimakasih.


Smarinda, 12 Maret 2015

Hormat kami,                 


(Nama ketua)                                          (Nama skretaris)
   Ketua APA                                                   Skretaris

Beberapa contoh surat lainnya yang mungkin sedang anda butuhkan; contoh surat resign, surat lamaran security, contoh biodata diri, dan contoh surat izin tidak masuk kerja. Demikian, semoga artikel contoh surat diatas bermanfaat buat anda.