Contoh Surat Tugas

Surat tugas termasuk salah satu jenis surat yeng bersifat formal. Ada sekian banyak jenis surat tugas. Surat tugas bisa duiterbitkan oleh perusahaan terhadap karyawannya, instansi ataupun lembaga tertentu.

Pada artikel sebelumnya kita sudah berbagi contoh surat meliputi; contoh surat izin usaha (SIUP), surat pernyataan, dan contoh format surat resmi. Artikel kali ini kita akan share format penulisan surat tugas.


KOP SURAT DISINI
___________________________________________________________________
SURAT TUGAS
Nomor: III/ST/03/2016

Sesuai dengan surat kepala pembinaan, pendidikan dan pelatihan perencana badan pndidikan nasional (Bappenas) nomor 1214/P.03/03/2016 perihal pemanggilan para calon peserta program pendidikan S-2 luar Negeri, maka:

Nama : Yuda Pratama
NIP : 345000000125
Pangkat : Penata Tk.I/II/d
Jabatan : Kepala sub bidang pengembangan wilayah dan pemukiman
Unit kerja : Bappeda provinsi Jawa Timur
Instansi : Pemerintah provinsi Jawa Timur

Untuk segera melaksanakan tugas belajar pada program persiapan pendidikan Ekonomi pada :

Perguruan tinggi : Akan ditetapkan kemudian
Tingkat : S-2
Terhitung sejak : 14 Juni 2016 – 1 Juni 2017
Lama belajar : Satu tahun

Demikian surat tugas ini diterbitkan untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya

Jakarta, 23 Mei 2016
Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur

Ttd,

(………………………..)
NIP : …………………


Tembusan :
  • Kepala pusat pembinaan, pendidikan dan pelatihan perencanan, Bappenas;
  • PPK PPSDMA Bappenas
  • Gubenur Jawa Timur di Surabaya
  • Kepala kantor kepegawaian daerah Jawa Timur di Surabaya
  • Pertinggal.

Contoh Surat Perjanjian

Surat perjanjian biasanya dibuat untuk urusan bisnis, misalkan kesepakatan bisnis antara perusahaan A dan perusahaan B. Surat perjanjian dibuat sebagai dasar hukum bilamana dikemudian waktu terjadi percecokkan.

Artikel contoh surat sebelumnya yang mungkin sedang anda butuhkan ''contoh surat permohonan kenaikan gaji''. 

Sebagai dasar hukum yang kuat karena telah ditanda tangani oleh kedua belah pihak sewaktu melakukan deal maka surat perjanjian dapat digunakan oleh kedua belah pihak untuk menuntut hak masing-masing jika nantinya ditemukan kecurangan, baik oleh pihak pertama maupun pihak kedua. 

SURAT PERJANJIAN
No. II/SP/III/2011


Yang bertanda tangan dibawah ini :

- Suryanto Zuhri

Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT. JAYA ABADI selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

- Julio Hardiansyah

Dalam hal ini bertindak dan atas nama CV. DUA KELINCI selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA setuju untuk melakukan kesepakatan kerjasama bisnis berupa PEMASARAN PRODUK milik PIHAK PERTAMA oleh PIHAK KEDUA dengan ketentuan sebagai berikut.

KEWAJIBAN DALAM PERJANJIAN

Perjanjian kerjasama bisnis, bahwa PIHAK KEDUA bersedia untuk memasarkan produk milik PIHAK PERTAMA dengan ketentuan sebagai berikut :

  • PIHAK PERTAMA akan memberikan upah pemasaran produk milik PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sebesar 10 % dari setiap produk yang berhasil terjual.
  • PIHAK PERTAMA akan memberikan pembayaran sebesar 10 % terhadap PIHAK KEDUA dari setiap produk yang berhasil dijual selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari setelah produk tersebut berhasil terjual.
  • PIHAK PERTAMA akan melakukan pembayaran kepada PIHAK KEDUA melalui dua opsi pembayaran, yakni: transfer BANK atau pembayaran secara tunai.


PEMBATALAN PERJANJIAN

  • PIHAK PERTAMA berhak untuk membatalkan perjanjian sewaktu-waktu jika PIHAK KEDUA tidak berhasil memasarkan produk milik pihak PERTAMA dalam rentang waktu 2 (dua) bulan sejak surat perjanjian ditanda tangani oleh kedua belah PIHAK.
  • PIHAK PERTAMA berhak untuk membatalkan perjanjian sewaktu-waktu tanpa harus meminta persetujuan dari PIHAK KEDUA bilamana kerjasama tersebut dianggap tidak memberikan keuntungan bagi PIHAK PERTAMA, dan dalam hal ini PIHAK PERTAMA tidak akan dituntut untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apapun kepada PIHAK KEDUA.


KESEPAKATAN PERJANJIAN

Surat Perjanjian kerjasama bisnis ini telah dibaca, dimengerti dan disetujui oleh kedua belah PIHAK tanpa ada paksaan dari PIHAK manapun.

Bali, 14 Maret 2011

Yang membuat perjanjian
PT. JAYA ABADI                                         CV. DUA KELINCI

                                    materai

Suryanto Zuhri                                          Julio Hardiansyah
PIHAK PERTAMA                                       PIHAK KEDUA

Contoh Surat Pernyataan Yang Bagus

Surat pernyataan dibuat berkaitan dengan pernyataan seseorang atau kelompok bahwasannya yang bersangkutan tidak atau iya, sedang terlibat atau tidak, dalam kondisi terikat kontrak  atau tidak dengan (perusahaan) lain atau konteks keterkaitan lainnya.

Diperusahaan tertentu (perusahaan besar) biasanya soerang pelamar akan diminta untuk membuat surat pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak sedang terikat dengan perushaan manapun. Format penulisan surat pernyataan cukup sederhana, tetapi memuat poin penting didalamnya sebagaimana sifat dari surat pernyataan itu sendiri  yang dalam hal ini ia terkategorikan sebagai salah satu jenis surat formal.

Surat pernyataan digunakan untuk sejumlah kepentingan, salah satunya adalah untuk melengkapi persyaratan adminstrasi melamar pekerjaan sebagaimana persyaratan yang diberlakukan oleh perusahaan terkait. 

Pada kesempatan posting sebelumnya kita sudah berbagi contoh surat resmi dimana surat resmi merupakan salah satu dari sekian banyak jenis surat formal. 

Berikut contoh penulisan surat pernyataan untuk keperluan dalam konteks melamar pekerjaan.

SURAT PERNYATAAN
Nomor : 001/SP/VII/2015

Malang, 12 Juli 2015


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama : CAKRA ALIANSYAH
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat asal : Jalan Simpang Tiga RT/RW 002/002 Karangsari, Kota Malang.
Alamat domisili : Jalan Cempaka Indah Nomor 77/12 Surabaya
Nomor telepon : 031 …… …… 


Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwasannya saya tidak sedang terikat perjanjian dengan perusahaan manapun, baik perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN. Dan dalam hal ini saya siap untuk diberikan tugas oleh PT. CITRA MANDIRI sewaktu-waktu sejak surat ini dibuat.


Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dan apabila dikemudian hari terdapat perbedaan kondisi, maka saya siap untuk dituntut dan atau diberikan sanksi sebagaimana mestinya. 


Hormat saya,

t/tangan

CAKRA ALIANSYAH
Pembuat Pernyataan

Contoh Surat Permohonan Pinjaman Uang

Contoh format surat permohonan pinjaman – Surat permohonan pinjaman biasanya dibuat oleh suatu perusahaan untuk kegunaan tertentu, misalkan untuk keperluan operasional perusahaan, untuk kepentingan tender proyek, dll.

Surat permohonan pinjaman dana tergolong sebagai salah satu jeni surat formal dan tata cara penyusunannya harus benar dan rapi. Bagi anda yang sedang membutuhkan contoh surat permohonan pinjaman berikut contohnya.

Kop Perusahaan Anda disini
.....................................................................

Kepada Yth,
Pimpinan PT. LINDA JAYA SUKMA
Up. Bpk. Solahuddin Husain
Di-Tempat

Hal : Surat Permohonan Pinjaman Dana
Lampiran : -

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Turhamudinn Ali
Jabatan : Pimpinan PT. DILA PRATAMA INDAH

Dalam hal ini bermaksud untuk mengajukan bantuan pinjaman dana kepada PT. LINDA JAYA SUKMA sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk keperluan proyek pembangunan perumahan di Jl. Magetan sari No. 11 Magetan – Jawa Timur.

Bersama ini saya lampirkan keterangan mengenahi spesifikasi proyek yang kami maksudkan.

(cantumkan dokumen/berkas yang dimaksud)

Kami akan melakukan pengembalian dana pinjaman senilai yang kami sebutkan diatas dengan memberikan bunga sebesar 10 % dari total dana yang kami pinjam.

Segala ketentuan dan persyaratan akan kami jelaskan dalam surat perjanjian pinjaman dana apabila permohonan ini dikabulkan oleh pihak PT. LINDO JAYA SUKMA.

Demikian surat permohonan pinjaman dana ini kami buat, kami sangat berharap pihak PT. LINDO JAYA SUKMA berkenan untuk memberikan pinjaman dana kepada kami.

Kami akan menunggu tembusan dari pihak PT. LINDO JAYA SUKMA selambat-lambatnya 5 (lima) hari setelah surat ini sampai dipihak PT. LINDO JAYA SUKMA.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat kami,
PT. DILA PRATAMA INDAH
Magetan, 12 Januari 2013

tanda tangan & materai

Turhamudinn Ali
Pimpinan

Baca artikel contoh surat lainnya :


Contoh Format Surat Resmi

Contoh surat resmi
Artikel contoh penulisan surat resmi. Sebelum berbagi contoh surat resmi ada baiknya terlebih dahulu kita memberikan sedikit ulasan apa sebenarnya yang dimaksud surat resmi. Apakah surat lamaran kerja, surat permohonan, surat peringatan juga tergolong dalam kategori surat resmi, mari kita ulas.

Surat resmi merupakan surat yang sifatnya formal. Beberapa jenis surat yang saya sebutkan diatas tergolong sebagai salah satu jenis surat resmi mengingat sifatnya yang memang formal. Surat resmi sendiri memiliki banyak jenis.

Surat resmi bisa diterbitkan oleh perorangan, lembaga pendidikan, perusahaan, dsb. Contoh surat resmi dalam bentuk sudah siap dikirimkan adalah sebagaimana yang tertulis dibawah ini.

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
(MGMP) BAHASA INGGRIS
________________________________________________________________

Nomor : 001/MGMP.BINGG/SMA01/II/2015 
Lampiran : -
Hal : Undangan

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Guru Pengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Di-Tempat

Dengan hormat,
Salam sejahtera kami haturkan, semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam lindungan-Nya dan diberikan kesehatan serta kerahmatan.

Sehubungan dengan program MGMP Bahasa Ingggris yang sudah kami susun , maka dengan ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu hadir pada agenda pertemuan MGMP Bahasa Inggris kota Malang, pada:

Hari : Senin
Tanggal : 12 Mei 2014
Jam : 09.00 WIB
Tempat : SMA 01 Malang Jalan Manungsari Nomor 23/47 Malang
Acara :

- Membahas penyempurnaan agenda pembelajaran
- Berbagi pengalaman dalam agenda pembelajaran
- Persiapan menjelang ujian akhir nasional (UAN) 2015

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat kami,
Malang, 10 Mei 2014

                         stempel sekolah

Puji Lestari                                 Deni Johan
Ketua                                            Sekretaris

Contoh Surat Izin Usaha (SIUP)

SIUP atau surat izin usaha perdagangan sangat diperlukan bagi seorang pebisnis terutama jika jenis usaha tersebut termasuk dalam kategori jenis usaha yang berskala besar. Surat izin usaha terbagi menjadi beberapa golongan, yakni SIUP jenis usaha berskala besar, SIUP untuk jenis usaha berukuran menengah dan SIUP untuk jenis usaha berukuran kecil.

SIUP dibutuhkan sebagai dokumen jaminan untuk usaha yang anda jalankan. Tanpa memiliki sertifikat surat izin usaha perdagangan maka sewaktu-waktu usaha/perusahaan anda dapat dibubarkan oleh pemerintah melalui instansi terkait karena dianggap ilegal mengingat tidak adanya surat izin usaha.

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN
Jln. Ratnasari No. 77/10 Malang 65148
Telp. 0341 …… …… Fax …… ……
.......................................................................................................................

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) BESAR
Nomor: 400/5828A/338.8.11/2016

Nama Perusahaan : 

PT. LINDO JAYA

Merek (Milik Sendiri/lisensi) : 

Alamat Kantor Perusahaan : 

Jln. Taman Indah No. 44 Kota Malang (65148) No Telp / Fax 0341 …. …. Fax. 0341 …. ….

Nama Pemilik / Penganggung Jawab :

Alamat Pemilik / Penganggung Jawab : 

Jln. Latsari No. 99 Kota Malang (65148) No Telp / Fax 0341 …. ….

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWK) : 

02.477.789.0-788-252

Nilai Modal dan Kekayaan Bersih Perusahaan
Seluruhnya Tidak Termasuk Tanah dan Bangunan
Tempat Usaha : 

Rp 600.000.000

Kegiatan Usaha : 

Perdagangan Barang dan Jasa

Kelembagaan : 

Supplier

Bidang Usaha : 

Perdagangan (513.515) Jasa (749)

Jenis Barang / Jasa Dagangan Utama : 

Elektrikal, Bahan Bangunan, Barang Cetakan, Alat Konstruksi, dan Mekanikal.

SIUP ini diterbitkan dengan ketentuan

Pertama : 

Surat Izin Usaha (SIUP) ini berlaku untuk kegiatan usaha perdagangan diseluruh wilayah republik Indonesia selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usaha perdagangan.

Dan wajib mendaftar ulang selambat-lambatnya 02 November 2021

Kedua : 

Pemilik / penanggung jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan dua kali dalam setahun dengan jadwal untuk semester pertama paling lambat tanggal 31 Juli dan untuk semester dua paling lambat tanggal 31 Januari tahun berikutnya.

Ketiga : 

Tidak berlaku untuk jenis perdagangan berjangka komoditi

Keempat : 

Tidak untuk melakukan kegiatan usaha selain yang tercantum dalam SIUP ini.


Dikeluarkan di : Malang
Pada tanggal : 02 November 2016


Kepala Dinas,


stempel pemerintah kota

Dra. Tanti Julianti, MM
Pembina Tk. I
1210 1212 22153 1521

Note:
Contoh surat izin usaha (SIUP) diatas dibuat hanya untuk tujuan educational. Terdapat beberapa kata termasuk alamat tidak ditulis berdasarkan alamat yang sebenarnya karena ini hanya sebuah kerangka contoh SIUP.